JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ini 3 Kota Besar di Indonesia Rawan Banjir Rob

Banjir pasang air laut melanda Pelabuahan Muara Angke di Pejaringan, Jakarta Utara, Rabu 25 Mei 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi 17 provinsi di Indonesia berpotensi mengalami banjir pesisir atau rob hingga 25 Mei 2022 salah satunya provinsi DKI Jakarta. Tempo.co

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Banjir rob atau banjir karena pasang air laut menerjang kota Semarang dan sekitarnya belum lama ini. Rob merupakan fluktuasi massa air laut yang dipengaruhi gaya tarik benda-benda angkasa, terutama bulan dan matahari.

Selain benda-benda angkasa, banjir rob juga terjadi akibat faktor-faktor eksternal, seperti dorongan air, angin, atau swell (gelombang yang bergerak sangat jauh meninggalkan daerah pembangkitnya), badai di laut, serta pencairan es kutub akibat pemanasan global.

Baca Juga :  Keras, Kapolda Jateng Sebut Anggota yang Bekingi Kegiatan Melanggar Hukum Dicap Pengkhianat. "Jangan Halalkan Segala Cara!"

Banjir rob termasuk fenomena yang sering terjadi di Indonesia, khususnya di tiga kota berikut ini:

1. Semarang

Semarang merupakan salah satu kota langganan banjir rob, khususnya di Semarang Utara. Bahkan, banjir rob yang menggenang Kota Semarang pekan ini dianggap fenomena paling parah yang pernah terjadi di kota tersebut.

Baca Juga :  Dikawal Puluhan Polisi, 9 Rumah Dinas Polri di Semarang Akhirnya Dieksekusi. Penghuni Orang Sipil Diminta Angkat Kaki

Pasalnya, kawasan Pelabuhan Tanjung Emas yang biasanya tak ikut tergenang banjir rob, kali ini ikut terendam air setinggi satu sampai satu setengah meter.

2. Banjarmasin

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua