JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kenali Gejala Kanker Usus Agar Tak Semakin Parah

Ilustrasi kanker usus / tribunnews

JOGLOSEMARNEWS.COM – Mantan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Dirjen P2P) sekaligus mantan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meninggal dunia, lantaran menderita kanker usus, Sabtu (21/5/2022).

Sesuai dengan namanya, kanker usus adalah jenis penyakit kanker yang dimulai di usus besar (kolon). Usus besar adalah bagian terakhir dari saluran pencernaan.

Kanker usus besar biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, meskipun dapat terjadi pada usia berapa pun.

Baca Juga :  Awas, Penyakit Cacar Monyet Bisa Menular dari Hewan ke Manusia

Biasanya dimulai sebagai gumpalan kecil sel non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar.

Seiring waktu beberapa polip ini bisa menjadi kanker usus besar.

Polip mungkin kecil dan menghasilkan sedikit, jika ada, gejala.

Untuk alasan ini, dokter merekomendasikan tes skrining rutin untuk membantu mencegah kanker usus besar dengan mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Baca Juga :  Deretan Manfaat Minyak Jagung, Baik untuk Perawatan Kulit

Kanker usus besar kadang-kadang disebut kanker kolorektal, yang merupakan istilah yang menggabungkan kanker usus besar dan kanker dubur, yang dimulai di rektum.

Dokter tidak yakin apa yang menyebabkan sebagian besar kanker usus besar. Secara umum, kanker usus besar dimulai ketika sel-sel sehat di usus besar mengalami perubahan (mutasi) dalam DNA mereka.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua