JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Qodari: Koalisi Indonesia Bersatu Perkuat Kinerja Pemerintahan

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat pertemuan dengan Ketum PPP, Suharso Monoarfa daan Ketum PAN, Zulkifli Hasan / istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kemunculan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang merupakan gabungan dari Partai Golkar, PPP dan PAN dinilai tidak akan menjadi ganjalan bagi pemerintah.

Justru sebaliknya, keberadaan KIB justru bisa memperkuat kinerja pemerintahan di bawah kendali Presiden Joko Widodo (Jokowi), sekalipun ketia ketua Umum partai tersebut duduk di kabinet.

Pendapat itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari. Menurutnya, sejak awal kerja sama, tiga partai tersebut untuk menyukseskan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca Juga :  Viral, Pencuri Sepeda Listrik Langsung Akting Drakor Pura-Pura Gila Saat Tertangkap. Saat Digerebek Katanya Mau Membeli

Hal itulah yang bisa membantah tudingan sejumlah pihak koalisi tersebut bakal menghambat kerja pemerintah.

“Koalisi ini misinya adalah menyukseskan dan melanjutkan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pak Jokowi. Jadi justru menjadi penguatan terhadap koalisi yang sudah ada di pemerintahan saat ini,” tutur Qodari dalam keterangan, Jumat (22/5/2022).

Ia menambahkan, keberadaan ketua parpol KIB dalam kabinet justru semakin memperkuat kinerja pemerintah. Sebab, kinerja menteri akan berbanding lurus dengan elektabilitas mereka sendiri.

Baca Juga :  Menpan RB Tjahjo Kumolo Dirawat Intensif di RS, Mahfud MD Ambil Alih Sementara

Jika kinerja mereka sebagai menteri bisa maksimal, masyarakat bisa menilai positif yang berdampak pada tingginya insentif electoral terhadap ketum parpol.

“Justru kalau dia kinerjanya tidak maksimal sebagai menteri, maka itu akan memperkecil insentif politiknya,” tegas Qodari.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua