JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Warna Urine Bening, Benarkah Pertanda Tubuh Sehat?

Ilustrasi urine. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Warna air seni atau urine sering dijadikan sebagai petunjuk kondisi kesehatan. Warna urine bisa berubah-ubah dipengaruhi asupan makanan atau minuman, obat-obatan, maupun gejala gangguan kesehatan.

Urine jernih menunjukkan seseorang minum air melebihi jumlah rekomendasi harian. Lalu benarkah bila warnanya bening pertanda tubuh sehat?

Warna urine, mengutip dari Healthline, bisa bervariasi. Ini tergantung makanan, minuman, dan obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh.

Pigmen yang berbeda dalam makanan, minuman, atau obat yang dikonsumsi bisa terbawa melalui saluran pencernaan dan mengubah warna urine. Lantas, apa arti urine bening?

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

Dilansir dari laman Mirror, urine bening atau transparan menandakan kesehatan tubuh sedang sehat dan terhidrasi dengan baik. Ini dikarenakan pigmen urokrom pada urine otomatis menjadi lebih encer saat minum air.

Urokrom diproduksi oleh tubuh dengan memecah hemoglobin, protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah. Dalam kebanyakan situasi, warna urine tergantung pada seberapa encer pigmen ini.

Namun, urine bening juga bisa menunjukkan tubuh kelebihan hidrasi atau bahkan menjadi tanda diabetes. Jika urine berwarna bening, tapi tubuh menunjukkan gejala diabetes, seperti peningkatan rasa haus disertai sering buang air kecil, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

Selain itu, urine bening bisa menunjukkan masalah hati, seperti sirosis atau hepatitis. Untuk memastikannya, cobalah mendatangi dokter.

Sebenarnya secara alami urine membawa pigmen kuning. Namun saat kondisi tubuh terhidrasi, urine berwarna kuning muda hampir jernih. Sementara jika sedang dehidrasi, warnanya menjadi kuning tua atau bahkan coklat muda.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com