JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Modal 1.364 Suara, KPU Sebut Naniek Budhi Darmawati Kandidat PAW Pengisi Kursi Sukamto

Anggota DPRD Sragen dari Fraksi PDIP, Sukamto, semasa hidupnya. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Calon anggota legislatif (Caleg) PDIP Dapil I pada Pileg 2019, Naniek Budhi Darmawati dipastikan akan mengisi slot kursi kosong milik Sukamto, anggota DPRD PDIP yang meninggal dunia 16 Mei 2022 lalu.

Naniek yang meraih 1.364 suara pada Pileg 2019 lalu menjadi kandidat terkuat setelah menduduki ranking tertinggi Caleg PDIP Dapil I setelah Caleg peraih kursi.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sragen, Muhsin mengatakan sesuai aturan, kandidat anggota DPRD pergantian antar waktu (PAW) adalah Caleg peringat berikutnya setelah peraih kursi pada Dapil yang sama.

Dengan ketentuan itu, Caleg Naniek Budhi Darmawati menjadi kandidat PAW untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Sukamto karena perolehan suaranya tertinggi.

Baca Juga :  Abaikan Keselamatan, Tower BTS di Desa Purworejo Gemolong Sragen Diam-Diam Nekat Perpanjang Izin Tanpa Persetujuan Warga, Warga Bakal Demo Besar-Besaran Jika Tidak Segera Dibongkar !

“Iya kalau dari perolehan suaranya, kandidat PAW kursi Pak Sukamto adalah Bu Naniek,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (15/6/2022).

Terkait mekanisme PAW, Muhsin menyampaikan saat ini masih menunggu usulan dari PDIP.

Mengacu aturan, alur pengusulan PAW adalah partai politik bersurat ke DPRD. Kemudian DPRD akan bersurat ke KPU.

Lantas KPU memberikan jawaban 5 hari kerja terkait nama yang berhak mengisi PAW.

“Setelah itu kita akan memberikan jawaban sesuai dengan perolehan suara kemarin. Nah proses selanjutnya sampai pelantikan nanti di dewan,” terangnya.

Baca Juga :  Karang Taruna Prima Sejati Dukuh Driyan, Masaran Gelar Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Kalangan Anak Muda

Perkiraan kursi untuk Naniek itu juga dibenarkan oleh Ketua DPRD Sragen sekaligus Sekretaris DPC PDIP, Suparno.

“Menurut daftar yang ada, yang berhak menggantikan kursi almarhum Sukamto adalah Ir Naniek Budhi Darmawati. Karena perolehan suaranya tertinggi setelah caleg peraih kursi,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (20/5/2022).

Dari hasil perolehan suara di Pileg 2019 lalu, Naniek meraih 1.364 suara. Dia merupakan Caleg PDIP peringkat 5 di Dapil 1. Sementara PDIP sendiri di Dapil itu mendapat 4 kursi.

Meski secara aturan demikian, Suparno menyebut soal siapa pengganti dan pengisi kursi Sukamto, nantinya masih menunggu perintah partai. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com