JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Olah Raga Malam untuk Tingkatkan Kualitas Tidur? Ini Pandangan Medisnya

Ilustrasi olah raga malam / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Biasanya, kegiatan olah raga dilakukan pada pagi atau sore hari. Namun ternyata, hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa olah raga dapat dilakukan pada malam hari, terutama untuk meningkatkan kualitas tidur.

Mengapa bisa? Merujuk pada publikasi riset Institut Teknologi Konfederasi Zürich, olahraga sebelum tidur bisa membantu seseorang mudah terlelap.

Laporan yang diterbitkan dalam Sports Medicine pada 2018 itu menunjukkan, olahraga saat malam boleh saja dilakukan, asal bukan olah raga yagn berat.

Baca Juga :  Deretan Manfaat Minyak Jagung, Baik untuk Perawatan Kulit

Boleh olah raga malam, asalkan dengan intensitas ringan setidaknya satu jam sebelum tidur.

Rentang waktu itu akan memberi kesempatan tubuh untuk bersantai. Aktivitas olahraga di tingkatan ini membantu lebih cepat tidur juga mendapat kualitas tidur.

Contoh olahraga intensitas ringan antara lain yoga, peregangan, berjalan, bersepeda santai. Mengutip Sleep Foundation, tak hanya meningkatkan kekuatan tubuh, yoga juga berguna menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Seseorang menjadi lebih rileks, sehingga mudah tidur pada malam. Teknik pernapasan yang dilakukan saat yoga bermanfaat untuk kesehatan jantung, sehingga memengaruhi kemampuan berfokus dan kualitas tidur saat malam.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua