JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Polresta Solo Siagakan 870 Personel Amankan Derby Jateng, Persis Solo Vs PSIS Semarang

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak Foto: JSNews/Prabowo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Polresta Solo menyiagakan 870 personel untuk mengamankan Derby Jawa Tengah (Jateng) Laga Piala Presiden 2022 Persis Solo vs PSIS Semarang yang akan digelar Selasa (20/6/2022) sore ini, di Stadion Manahan Solo. Pengamanan dipusatkan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok antar dua kelompok suporter.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengakui minimnya penerangan di area Stadion Manahan hingga masih adanya suporter yag membawa minuman keras menjadi evaluasi pertandingan Piala Presiden sebelumnya. Selain itu, ribuan suporter dipastikan hadir dalam laga derby tersebut.

“Persiapan sudah dilakukan sejak Jumat (17/6/2022) lalu. Persiapan yang dilakukan mulai dari mengumpulkan koordinator suporter kedua belah pihak hingga pemetaan ruang parkir serta tempat duduk di dalam tribun stadion. Kita lakukan untuk menjaga kondusifitas bersama-sama. Kedua, mematuhi ketentuan semua barang bawaan yang dilarang yang tidak boleh masuk,” ujarnya, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Sementara itu, disepakati dalam koordinasi bersama tidak akan ada arak-arakan yang sifatnya mengganggu lalu lintas bvaik dari kedua belah pihak suporter. Terkait pengamanan, Polresta Solo juga melakukan koordinasi dengan Polda Jawa Tengah.

“Kita memantau semua pergerakan suporter. Kita sudah mulai merencanakan, penentuan lokasi parkir dan kita berharap itu bisa dipisahkan. Kemarin kita sudah sampaikan ke panpel (Panitia Pelaksanaan) juga bisa dipisahkan supaya efektifitas pengawasan pengendalian dari pergerakan masa suporter,” imbuh Ade.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Di sisi lain, personel pengamanan diterjunkan dari petugas gabungandibagi menjadi empat lapis pengamanan. Lapis pertama atau Ring 3 berada di 4 pintu masuk ke dalam kawasan Stadion Manahan, Solo. Kemudian lapis kedua atau Ring 2 berada di 4 pintu masuk ke jogging track Stadion Manahan dan lapis ke 3 atau ring 1 berada di 12 pintu masuk yang langsung mengakses ke dalam tribun.

“Kita harapkan semua potensi gesekan dan benturan dapat kita antisipasi dan yang paling penting kami mohon kerjasama di gelaran Piala Presiden 2022,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com