JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Soal Kemiskinan Ekstrim di Wonogiri, Begini Pernyataan Resmi Staf Khusus Presiden

Kemiskinan
Kunjungan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta melihat penanganan kemiskinan ekstrim di Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta mengatakan pihaknya melihat persiapan Pemkab Wonogiri dalam percepatan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim.

Menurut dia, dari diskusi yang dilakukan, terlihat ada komitmen dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek yang memiliki semangat yang sama dengan Presiden Joko Widodo bahwa percepatan kemiskinan ekstrim adalah salah satu prioritas yang harus segera dirampungkan pada 2024.

Baca Juga :  Deretan Fakta di Dusun Bedug Desa Gedongrejo Kecamatan Giriwoyo Wonogiri yang Jadi Bukti Kuatnya Kerukunan Antar Umat Beragama

“Program-program yang sudah dan akan dilakukan tadi juga banyak yang diperbincangkan. Itu menyangkut tiga hal,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta, Rabu (22/6/2022).

Tiga hal itu di antaranya adalah mengurangi beban peluaran dari kelompok miskin ekstrim. Itu dengan program perlindungan sosial.

Yang kedua, kata dia, meningkatkan pendapatan dari rumah tangga yang tergolong dalam kelompok miskin ekstrim. Dengan begitu, mereka bisa keluar dari lingkaran kemiskinan ekstrim dan hidup layak. Yang ketiga yakni pengembangan atau perbaikan infrastruktur di wilayah kantong kemiskinan.

Baca Juga :  2697 GTT Resmi Jadi PPPK di Wonogiri, Buktinya SK Sudah di Tangan

“Tadi sepakat, tiga program itu sepakat untuk dijalankan dengan gotong royong, bersinergi dan kolaboratif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan melibatkan kelompok swasta dan masyarakat sendiri,” papar dia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua