JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Acuhkan Undangan KTNA Expo, 27 Formulator Pertanian Dinilai Keterlaluan. Menteri Pertanian Tinggal Finalisasi, Mendes PDTT Dipastikan Hadir

Bidang Humas KTNA, Warsito (kiri) dan formulator yang memastikan berpartisipasi di KTNA Sragen Expo 27-31 Juli 2022. Foto kolase/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Sragen menyesalkan sikap 27 Formulator atau perusahaan saprodi pertanian yang hingga kini belum merespon undangan untuk hadir di KTNA Sragen Expo 2022.

Sikap acuh mereka terhadap hajatan besar para petani Sragen itu dinilai keterlaluan mengingat selama ini mereka banyak mengais rezeki dari petani Sragen.

Pengurus Bidang Humas KTNA Sragen, Warsito menyampaikan hingga dua hari menjelang pembukaan, Senin (25/7/2022), dari total 40 formulator yang selama ini menjelajah Sragen, baru ada 13 formulator yang memastikan berpartisipasi.

Sisanya, 27 lainnya masih no respon dengan beragam alasan. Mereka berdalih kesulitan pendanaan untuk bisa ikut berpartisipasi.

“Sebenarnya jauh-jauh hari sudah kami tembusi semua. Tapi sampai hari ini hanya 13 yang sudah memastikan ikut berpartisipasi. Lainnya masih nihil respon. Alasannya pendanaan, padahal menurut kami sebenarnya tidak terlalu sulit bagi mereka. Makanya ini jadi keprihatinan, selama ini mereka banyak mengandalkan petani Sragen untuk menjual produk, tapi begitu petani ada hajatan begini, mereka abai,” ujarnya Senin (25/7/2022).

Baca Juga :  Mantap, Tim Panahan Junior Sragen Sabet 11 Medali dan 3 Runner Up di Kejurprov. Dua Atlet Berpeluang Lolos Kejurnas

Ia menguraikan padahal agenda expo itu hanya digelar berkala dua tahun sekali.

Dari daftar yang diterima panitia, beberapa formulator besar yang tidak merespon di antaranya UPL, Sygenta, Yanmar, Kubota, Indagro dan beberapa lainnya.

Yanmar dan Kubota itu selama ini banyak petani Sragen yang makai produk mereka,” imbuhnya.

Meski demikian, ia bersyukur sejauh ini dari 110 stan yang dibuka, tinggal beberapa saja yang masih tersisa.

Ketua KTNA Sragen, Suratno memasang persiapan sudah mendekati final dan agenda expo siap digelar.

Untuk kehadiran sejumlah tokoh dan menteri, sebagian sudah memastikan kesediaan dan sebagian tinggal finalisasi jadwal.

Baca Juga :  Kapolres Sragen Nyatakan Situasi Sangat Kondusif. Warga Diminta Tetap Tenang!

“Secara umum persiapan sudah siap. Dari sisi tokoh, beberapa tinggal finalisasi. Menpan tinggal finalisasi jadwalnya, lalu Menteri Desa PDTT sudah pasti datang, Menteri Parekraf (Sandiaga Uno) nanti siap mengisi talkshow, Gubernur Ganjar juga dalam proses,” terangnya.

Selain talkshow dan pameran produk serta inovasi pertanian, nanti juga ada 6 penyampaian program perusahaan dan sudah siap.

Kemudian berbagai lomba yang digelar juag semua sudah ada pendaftar. Selain para tokoh Menteri dan Gubernur, sejumlah tokoh juga sudah memastikan akan hadir.

Mereka di antaranya anggota DPRD Jateng asal Depok Jateng VI, Sriyanto Saputro dan Mukafi Fadli, Sekda Sragen yang didapuk sebagai moderator juga sudah menyatakan kesiapan.

Sebagai informasi, KTNA Expo akan digelar 27-31 Juli mendatang selama lima hari pelaksanaan. Lokasi expo ada di Gedung SMS Sragen. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com