JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger Penipuan Berkedok Investasi Besar di Sragen Terbongkar. Puluhan Pejabat Hingga Petinggi TNI/Polri jadi Korban, Kerugian Puluhan Miliar

Ilustrasi orang kaya banyak uang. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus penipuan berkedok kerjasama investasi skala besar mencuat dan bikin gempar di Sragen. Dengan modus bagi hasil nan menggiurkan, praktik investasi yang digawangi pengusaha berinisial IS asal Sragen Kota itu disebut berhasil meraup puluhan miliar dari para korban.

Tak tanggung-tanggung, korbannya mayoritas merupakan kalangan papan atas. Mulai dari pengusaha kondang, anggota DPRD, pejabat teras di pemerintahan, hingga petinggi TNI/Polri.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , kasus itu mencuat setelah salah satu pejabat tinggi di Sragen, melaporkan IS (55) pentolan CV yang menggawangi investasi itu ke Polres Sragen belum lama ini.

IS yang dikenal merupakan pengusaha asal Sragen Kota itu dilaporkan atas dugaan penipuan berkedok investasi bisnis spare part untuk mesin industri tekstil.

Baca Juga :  Sosok H Marno, Produsen Benih Padi Sukses Asal Sidoharjo Sragen (Bag 2). Terobsesi Angkat Derajat Petani

Penipuan dijalankan dengan modus bagi hasil dengan persentase keuntungan berlipat antara 5 hingga 15 persen perbulan.

“Sudah saya laporkan tapi belum ada perkembangan signifikan dari pihak kepolisian. Karena ada surat perjanjian, bukti transfer dan kesepakatan kerjasama yang diingkari. Saya sendiri sempat invest Rp 750 juta, belum pernah dapat bagi hasil tahu-tahu ternyata macet dan tidak ada itikad baik bertanggungjawab mengembalikan,” ujar P, salah satu korban yang juga pejabat teras di Sragen, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (7/7/2022).

Data yang dihimpun, kasus penipuan itu terjadi dalam kurun waktu sejak 2015 lalu. IS yang dikenal sebagai pimpinan CV dan pengusaha bengkel itu, menawarkan kepada beberapa pejabat teras dan petinggi TNI/Polri yang ia kenal dekat di Sragen.

Baca Juga :  Petani Sragen Kembali Menangis, Ratusan Hektar Padi Diserang Penyakit Teyeng, Sebagian Terpaksa Tanam Ulang

Dengan penampilan borju dan pembawaan meyakinkan, ia pun mampu meyakinkan para pejabat untuk bergabung. Kedekatannya dengan sejumlah pejabat menjadi jalan memuluskan modus yang ia jalankan.

“Waktu itu dia memang dekat dan sering ikut ngumpul beberapa pejabat dan komunitas petinggi TNI dan Polri. Jadi nggak ada yang curiga dan menyangka kalau ternyata seperti itu,” urainya.

Korban lain yang juga pengusaha kondang asal Sragen berinisial T, menceritakan dirinya juga terbujuk mulut manis pelaku yang sebelumnya juga sudah dikenalnya.

Saat itu pelaku berdalih butuh modal untuk membeli mesin pabrik yang terbakar di wilayah Jawa Timur.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com