JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kunjungi Karanganyar, Menko PMK Prof Muhadjir Dorong UMUKA Menjadi Universitas Unggul Berkontribusi untuk  Kemajuan

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof Muhadjir Effendy saat menandatangani prasasti peresmian UMUKA / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof Muhadjir Effendy mendorong Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) bisa berkembang pesat memberikan kontribusi terhadap kemajuan Karanganyar sebagai daerah  penyangga Soloraya.

Pasalnya,  Prof Muhadjir  mengingatkan dalam dinamika perkembangan peradaban daerah jangan sampai terjadi efek parasitis,  yakni semua tersedot di satu pusat,  namun justru daerah sentral seperti kota Solo ditopang harus oleh kabupaten sekitarnya.

Dengan demikian,  terjadi balancing atau keseimbangan daerah yang berefek positif pula terhadap kemajuan daerah sekitar. Dan sebaliknya,  dalam perkembangan justru daerah penyangga bisa mendapatkan efek limpahan dari Kota Solo.

“Meski baru lahir namun kehadiran Universitas Muhammadiyah Karanganyar kami harapkan bisa besar dan unggul  serta turut memberikan kontribusi terhadap misi Bupati Karanganyar Juliyatmono MM memajukan Karanganyar sebagai Center of Life pada 2030,” ungkap Menko PMK Prof Muhadjir Efendy di sela kunjungan di UMUKA dalam rangka Gebyar Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke-48 , Jumat ( 15/7/2022).

Untuk itu, lanjut Prof Muhadjir, UMUKA harus bisa memberikan kontribusi melalui keilmuan dan  menciptakan lulusan yang unggul di berbagai bidang, termasuk di bidang teknologi.

Dengan demikian,  tujuan mulia menjadikan Karanganyar sebagai kota generatif yang berperadaban maju dapat tercapai melalui lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Apalagi,  Bupati Juliyatmono MM sudah mewujudkan pembangunan Masjid Agung Madaniyah yang secara  fisik maupun konsep sangat bagus, yang mencerminkan  tujuan mulia Bupati dsmi  mewujudkan konsep kota berperadaban maju.

Diakui Prof Muhadjir, konsep Bupati Juliyatmono MM sungguh luar biasa melompat maju membawa sebuah kabupaten menjadi kota generatif.

Tentu saja,  konsep seperti itu adalah konsep daerah yang berorientasi maju pesat yang sudah digarap dari sekarang.

“Kami salut dengan pemikiran Bupati Karanganyar Juliyatmono yang benar-benar mewujudkan lompatan kemajuan alam berpikir serta pembangunannya dan semoga UMUKA ini bisa menjadi pilar salah satunya menuju Karanganyar kota generatif,” pungkas Prof Muhadjir.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Dr Muhammad Samsuri menegaskan walau lahir baru namun trend pendaftaran mahasiswa baru UMUKA kian naik terus dari target awal seribu mahasiswa.

“Alhamdullilah lambat laun akhirnya UMUKA banyak diminati pendaftar SE Soloraya bahkan ada yang dari Medan serta dari Jawa Timur meliputi Kabupaten Ngawi, Magetan hingga Kabupaten Kediri,” tandas Dr Muhammad Samsuri.

Bupati Karanganyar Juliyatmono MM menegaskan saat ini terus berproses mewujudkan Karanganyar sebagai Center of Life Nusantara 2030.

“Kami komitmen serius mewujudkan impian Karanganyar sebagai pusat peradaban kehidupan Nusantara,” ungkap Bupati. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com