JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Salut, Semangat Berkurban Tetap Tinggi Kendati Masih Pandemi dan Wabah PMK

Daging kurban
Panitia kurban di LDII Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kendati negara api menyerang dengan pageblug Coronanya plus adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), antusiasme masyarakat untuk berkurban di Wonogiri masih dan tetap tinggi.

Tingginya antusiasme berkurban di tengah wabah PMK nampak di DPD LDII Wonogiri. Ada peningkatan jumlah hewan kurban yang disembelih warga LDII Wonogiri.

Data DPD LDII Wonogiri, pada tahun lalu ada 322 ekor sapi dan 314 kambing yang disembelih untuk kurban. Sementara di momentum Idul Adha tahun ini, ada 360 ekor sapi dan 400 ekor kambing yang disembelih warga LDII di seluruh penjuru Wonogiri, nilainya lebih dari Rp 9 miliar.

Baca Juga :  Bus Maut Panca Tunggal Sudah 2 Kali Tidak Kir, Korban Tewas Terima Santunan 50 Juta

Ketua LDII Wonogiri Sutoyo mengatakan untuk melakukan antisipasi penyebaran PMK, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Seluruh panitia kurban diberi pemahaman seperti apa PMK yang bisa menyerang ternak berkuku belah.

Baca Juga :  Daftar Korban Tewas Bus Panca Tunggal Masuk Jurang Gunung Pegat Wonogiri

“Sebelum penyembelihan, dilakukan koordinasi petugas kesehatan hewan di tingkat kecamatan,” ujar Sutoyo.

Sutoyo menerangkan, DPD LDII Wonogiri juga telah memberi instruksi agar warga yang ingin berkurban membeli langsung hewan kurban ke kandang petani atau peternak. Itu untuk meminimalkan mobilitas hewan ternak sehingga turut menekan potensi penyebaran PMK.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com