JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diwarnai Adu Penalti Dramatis, Gabusan FC Juara Turnamen Bola HUT RI Desa Tanon. Ribuan Penonton Langsung Sukacita

Pemrakarsa turnamen sepakbola antar dukuh di Desa Tanon, Ujang Effendi saat menyerahkan tropi dan hadiah uang pembinaan kepada Gabusan FC yang menjuarai turnamen itu, Kamis (18/8/2022) petang. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tim sepakbola Gabusan FC sukses menjuarai turnamen sepakbola antar dukuh dalam rangka HUT ke-77 RI di Desa Tanon, Kecamatan Tanon, Sragen, Kamis (18/8/2022) sore.

Diwarnai babak adu penalti, skuad Gabusan sukses sukses menundukkan Tanon FC Dukuh Tanon dengan skor tipis 5-4 di babak final.

Laga pamungkas yang mempertandingkan Gabusan FC melawan Tanon FC itu terpaksa harus dilanjutkan adu penalti lantaran hingga 2 babak normal berakhir kedudukan tetap imbang 0-0.

Digelar di Lapangan Bangkle, desa setempat, babak adu tos-tosan itu pun menyajikan drama menegangkan.

Ribuan penonton menjadi saksi drama penentuan jawara antar dukuh tersebut. Masing-masing tim mendelegasikan 6 pemain andalan mereka sebagai algojo.

Sorak Sorai ribuan penonton menyaksikan babak adu penalti. Foto/Wardoyo

Setelah saling susul, akhirnya tim Gabusan berhasil memastikan juara setelah penendang terakhir mereka berhasil menceploskan bola ke gawang Tanon FC yang dijaga Seno.

Dari enam penendang skuad Gabusan, lima berhasil menyarangkan bola dan hanya satu penendang yang gagal.

Lima gol di babak tos-tosan dicetak Jonet, Erwin, Yuda, Sigit dan Setro. Satu-satunya penendang yang gagal dari Gabusan adalah Mas Eblek.

Pemain Gabusan FC dan pendukung larut dalam sukacita usai penendang terakhir sukses memastikan kemenangan di babak adu penalti. Foto/Wardoyo

Kegagalan satu penendang tertutup oleh penampilan brilian kiper Gabusan, Rio yang sukses memblok 2 tendangan skuad Tanon FC. Walhasil, tim Gabusan keluar sebagai juara pertama dan Tanon harus puas sebagai runner up.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Bangkitkan UMKM

Pemrakarsa turnamen, Ujang Effendi mengatakan turnamen antar dukuh itu digelar dalam rangka memeringati HUT RI ke-77 dan tahun ini menjadi yang kedua kali digelar.

Ujang Effendi. Foto/Wardoyo

Turnamen diikuti enam tim dari 6 dukuh yang ada di Desa Tanon. Dengan hadiah utama Rp 2 juta bagi pemenang pertama dan Rp 1,5 juta untuk runner up. Panitia juga menyediakan hadiah khusus untuk top skor dan pemain terbaik.

Pengusaha supplier beras itu menyebut selain memeriahkan HUT RI, turnamen juga untuk ajang pembinaan bibit sepakbola serta menggeliatkan olahraga itu di desanya.

Lebih dari itu, turnamen itu juga digagas untuk membangkitkan UMKM dan mengangkat kembali roda perekonomian masyarakat pasca hantaman pandemi.

“Tujuannya memperingati HUT RI sekaligus memberdayakan UMKM dan memberi hiburan masyarakat utamanya di desa Tanon ini. Mengingat tingginya animo masyarakat, turnamen ini akan diupayakan bisa menjadi agenda rutin setiap tahun,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM usai didaulat menyerahkan hadiah tropi dan uang pembinaan ke tim juara, Kamis (18/8/2022) petang.

Kades Tanon, Luqman Hakim berpose bersama tim juara. Foto/Wardoyo

Laga final makin istimewa dengan kehadiran Kades Tanon, Luqman Hakim bersama sejumlah perangkat desa. Ia mengatakan turnamen antar dukuh itu memang digagas untuk menyemarakkan peringatan HUT RI 77.

Baca Juga :  Geger, Petani di Desa Baleharjo Sragen Tewas Kesetrum Listrik di Area Persawahan Dengan Kondisi Mengenaskan

Penyelenggaraan turnamen itu melibatkan panitia bekerjasama dengan pengusaha muda Ujang Effendi sebagai sponsor utama.

Ia mengapresiasi animo masyarakat yang luar biasa untuk menyaksikan dan mendukung gelaran dari awal sampai selesai.

“Ini rutin tiap tahun, Insya Allah ini sudah tahun kedua. Animo masyarakat Alhamdulillah luar biasa sekali,” ujarnya.

Kades Tanon, Luqman Hakim. Foto/Wardoyo

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan guna mendukung hal itu, Pemdes akan berupaya melakukan pembenahan sarpras utamanya lapangan desa yang berlokasi di Bangkle itu.

Tak lupa, ia juga sangat berharap Pemkab dalam hal ini Bupati bisa ikut mensupport melalui bantuan dana BKK untuk perbaikan sarpras di desa demi mendorong kemajuan olahraga dan perekonomian desa.

“Untuk peringatan HUT RI tahun ini, di Desa Tanon banyak menggelar kegiatan. Sebelumnya ada lomba masak tingkat RT dari umbi-umbian nilai tak lebih dari Rp 50.000, lomba memancing, dan puncaknya nanti tanggal 20 Agustus Minggu besok dengan karnaval jalan sehat dimeriahkan 50an Komunitas Sound Ombro Tanon atau KSOT,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com