JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dulu Mati-Matian Bantu Jokowi dan Ahok, Sederet Tokoh Nasional Ini Kini Rame-Rame Dukung Anies Baswedan. Berikut Daftar dan Sosoknya!

Pengusaha kenamaan asal Sragen, Billy Beras (kiri) saat berbincang dengan Gubernur DKI Anies Baswedan di joglo tempat usaha Billy di Masaran Sragen yang disiapkan jadi posko kemenangan Anies di 2024. Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah mantan pendukung yang pernah membantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok rame-rame berubah haluan.

Mereka kini berbalik mendukung seteru mereka yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Ada yang menyatakan siap membantu kampanye Gubernur DKI Jakarta itu jika nantinya maju di kontestasi nasional merebut kursi RI 1 atau Pilpres.

Bahkan ada pula yang berperan memberi saran atau persiapan menghadapi Pemilu 2024. Tercatat setidaknya ada 3 mantan orang dekat Jokowi dan pendukung Ahok yang kini lompat haluan.

Mereka adalah mantan Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra, Eks Staf Ahok Sunny Tanuwidjaja dan Mantan Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Berikut Sosok Mereka!

1- Eks Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra

Baru-baru ini, Eks Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra blak-blakan mengungkap bahwa dirinya mendukung Anies maju di Pilpres 2024.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Hilirisasi Picu Daya Saing untuk Topang  Peningkatan Ekonomi Nasional

Eks pembantu Jokowi itu bahkan menyatakan siap membantu kampanye Anies jika nantinya maju di kontestasi nasional merebut kursi RI-1.

“Kalau Pak Anies melihat saya bisa membantu, saya siap,” ujar kader PSI itu saat dihubungi Tempo, Kamis, 28 Juli 2022.

Surya menyatakan siap dengan segala konsekuensi atas pilihan politiknya yang berbeda dengan sikap partai tersebut.

“Saya siap (menanggung konsekuensi), semoga ini akan mendewasakan kita semua, saya tetap berharap yang terbaik untuk PSI,” kata dia.

Sejauh ini, Surya mengaku belum ada teguran dari DPP usai pernyataannya mendukung Anies beredar.

Ia meyakini, PSI sebagai partai terbuka pasti akan menghargai pilihan politik setiap kader. Di samping itu, ia juga akan memberikan penjelasan kepada partai perihal alasannya mendukung Anies.

Baca Juga :  Menyambut PLTN Sebagai Alternatif Energi Berkelanjutan, Ini yang Perlu Disiapkan

“Pasti akan ada proses diskusi dan tabayun di internal. Buat PSI sebagai partai yang menghargai kebebasan berpendapat, berbeda (pandangan) seperti ini hal biasa aja sebenarnya,” ujar Surya.

2. Eks Staf Ahok Sunny Tanuwidjaja dan Mantan Menteri Perdagangan, Thomas Lembong

Sunny mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI, diduga berkaitan dengan sikap politiknya yang mendukung Anies Baswedan.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie membenarkan bahwa Sunny telah lama mengundurkan diri. “Bro Sunny mengundurkan diri dari Sekretaris Dewan Pembina sejak sekitar setahun lalu, karena akan membantu Pak Anies. Ia digantikan oleh Raja Juli Antoni,” ujar Grace saat dihubungi, Rabu, 29 Juni 2022.

Kendati demikian, Grace menyebut partainya menghormati apa pun keputusan yang dipilih anggota.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com