JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Indonesia Tuai Sejarah Baru, Pecahkan Rekor Perolehan Medali Emas Terbanyak di Indonesia

Menpora Zaenudin Amali saat menyampaikan sambutan penutupan Asean Paragames di Solo. Foto: dok
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Keberhasilan Indonesia menjadi juara umum di Asean Paragames 2022 menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Capaian medali emas yang didapatkan sudah melampaui target yang diharapkan.

“Kita patut bersyukur Asean Paragames ke 11 telah selesai dilaksanakan. Kegiatan yang bertemakan “Striving For Equality” telah diikuti 1.907 orang yang terdiri dari 1.248 atlet dan 659 official. Asean paragames ke 11 ini mempertandingkan 14 cabang olahraga. Dengan 457 nomer pertandingan,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat memberikan sambutan.

Dalam Asean Paragames ke 11 tersebut memperebutkan 1260 medali emas, perak, dan perunggu. “Pada akhirnya telah keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu, dengan total medali 425 adalah kontingen Indonesia,” imbuh Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga :  Tingkatkan Literasi Sekolah Terpadu Lewat Program Nyalanesia

Meskipun persiapan event terbesar di Asia Tenggara ini dinilai sangat singkat, yaitu 5 bulan setelah Indonesia ditunjuk resmi APSF pada Februari 2022. Namun karena Indonesia telah berpengalaman pada event tahun 2011 yang lalu, di tempat yang sama yaitu di Kota Surakarta.

Dan juga telah sukses menjadi penyelenggara Asian Games dan Asean Paragames 2018, serta menjadi tuan rumah single event Internasional, Indonesia dapat memperoleh keberhasilannya.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Sebanyak 175 medali emas menjadi jumlah medali emas terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia. Sejak pertama kali sepanjang  Asean Paragames ke 1 tahun 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia,” ucap Menpora.

Hal tersebut bahkan melampaui target awal yang ditetapkan 104 medali emas. “Sudah memenuhi target, bahkan melampaui dari target awal 104 medali emas yang dijanjikan. Melesat ke atas menjadi 175 medali emas. Terima kasih pada Pak Senny Marbun,” pungkas Zainudin Amali. (Ando)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com