JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

KPID Jateng : Berita Negatif Seputar Selebritis Masih Jadi Andalan Konten Infotainment

Hasil pemantauan KPID Jateng terhadap konten siaran infotainment di lembaga penyiaran. Foto: KPID Jateng
   

 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM —-Informasi atau berita negatif seputar selebritis masih menjadi konten dominan dalam program-program infotainment di lembaga penyiaran. Hal itu ditunjukkan dalam hasil pemantauan KPID Jawa Tengah selama Juli 2022 yang kemudian disampaikan dalam siaran pers kepada media.

Konten paling dominan adalah berita tentang permasalahan rumah tangga selebritis, sebanyak 23% dari keseluruhan konten program. Materi yang tengah intens diberitakan misalnya rumah tangga komedian Sule dan penyanyi Dewi Persik.

Selain itu infotainment juga gemar meliput aktivitas selebritis di balik layar, seperti membeli hewan kurban, membagi momen kemesraan dengan pasangan, atapun sekedar bercengkerama dengan kolega, dengan porsi sebesar 19%. Sementara pemberitaan tentang karya-karya di bidang entertainment menempati posisi ketiga dengan porsi 14%.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Konten lainnya yang diberitakan terkait musibah yang dialami selebritis (13%), acara seremonial keluarga (10%), gaya hidup (5%), kasus hukum (5%), dan berita-berita lainnya (11%) yang lebih banyak diisi pengalaman mistis selebritis, berita viral, dan sebagainya.

Menurut Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Jawa Tengah, Ari Yusmindarsih, tayangan infotainment masih dibangun berdasarkan pola badnews is goodnews atau berita negatif menjadi berita pilihan bagi media lembaga penyiaran. “Fokusnya bukan ke karir dan prestasi, tapi lebih pada kehidupan pribadi,” jelasnya, Kamis (11/8/2022).

Ari menambahkan bahwa mindset pembuatan program infotainment harus diubah, bukan berita selebriti, melainkan berita perkembangan dunia entertainment. “Kalau polanya fokus ke pribadi artis, karya-karya kreatif terbaik justru kurang mendapat ekspose yang layak”, tambahnya.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

Sementara itu Koordinator Bidang PS2P (Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran) KPID Jateng, Anas Syahirul A  menegaskan pentingnya memperhatikan asas-asas jurnalistik dalam program infotainment. Jika ingin membuat program berita mengenai selebritis, maka asas dalam jurnalistik juga dikedepankan.

Anas menyebut bahwa sebagai karya jurnalistik terdapat asas-asas yang harus dipenuhi, khususnya asas moralitas yang di antaranya berisi perlindungan terhadap privasi. “Unsur privasi bisa jadi pemberitaan sepanjang memiliki kemanfaatan untuk public,” papar Anas.(Suhamdani)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com