JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa KKN-T Unisri Gelar Edukasi Penerapan Prokes dengan Media Mewarnai di MIN 2 Karanganyar

Mahasiswa KKN-T Unisri saat berpose dengan siswa menunjukkan media mewarnai untuk edukasi Prokes. Foto/Istimewa

Oleh: Soniya Tri Handayani

(Mahasiswa Unisri)

KARANGANYAR– Kasus COVID-19 muncul pertama kali di dunia pada Desember 2019 yaitu tepatnya pada Wuhan, China. Sedangkan di Indonesia sendiri, kasus COVID-19 muncul sejak Maret 2020.

Penyebaran COVID-19 ini sangat pesat untuk ditularkan dari satu orang ke orang lain karena virus dapat menyebar dengan mudah melalui tetesan kecil (droplet) dari mulut atau hidung saat seseorang sedang batuk atau bersin.

Dampak penyebaran virus yang terus meningkat di seluruh dunia membuat WHO pada 11 Maret 2020 mengumumkan bahwa COVID-19 sebagai pandemi.

Menyusul penyebaran virus ini berasal dari droplet, maka pemerintah Indonesia menggalakan adanya protokol kesehatan 5M sebagai langkah pencegahan dan penanganan COVID-19.

Adapun gerakan 5M ini mencakup Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak (minimal 1 meter), Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Oleh karena itu, dari Kelompok 24 KKN Unisri TA 2021/2022 melakukan Kegiatan edukasi penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi dengan media mewarnai kepada siswa MIN 2.

“Tujuan dari pelaksanaan edukasi ini adalah untuk mengenalkan protokol kesehatan 5 M kepada siswa sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” papar Soniya Tri Handayani saat pelaksanaan kegiatan.

Edukasi ini merupakan salah satu program kerja Individu Soniya Tri Handayani dari anggota kelompok 24 KKNT MBKM Unisri.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 46 siswa dari kelas 1C dan 1 D MIN 2 Karanganyar, Jumat, (12/08/2022).

Penggunaan media mewarnai gambar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa SD digunakan sebagai media edukasi untuk menjelaskan penerapan protokol kesehatan 5M.

Gambar juga dimanfaatkan kembali untuk ditempel di Ruang kelas. Adapun tujuan dari penempelan gambar tersebut agar anak-anak di MIN 2 dapat terus mengingat protokol kesehatan 5M dan disiplin dalam menerapkannya. (***)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com