JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Muncul Gejala Fenomena Upwelling, Petani Ikan Karamba WKO Sragen Mulai Ketar-Ketir. Sebagian Ikan Mendadak Mati

Salah satu petani ikan di karamba WKO saat menunjukkan ikan di karambanya mati mendadak diduga akibat munculnya fenomena upwelling, Senin (29/8/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah petani ikan karamba di waduk kedung ombo (WKO) wilayah Sragen dilanda resah dan gelisah.

Pasalnya sejumlah tanda tanda fenomena alam upwelling telah muncul ke permukaan air, Senin (29/8/2022).

Fenomena badai bawah air yang mengancam kelangsungan hidup ikan itu mulai terdeteksi muncul hari ini sekitar pukul 09:00 WIB. Tanda itu ditunjukkan dengan kematian sejumlah ikan secara mendadak.

Baca Juga :  Cinta Ditolak, Rumah Janda Cantik Kembang Desa di Sukodono Dibakar

Fenomena upwelling ini terjadi akibat perbedaan suhu bawah air dengan permukaan. Perbedaan suhu ini membuat air di dasar waduk tiba-tiba naik ke permukaan.

Akibatnya, ikan di karamba mati karena kekurangan oksigen. Bahkan fenomena ini sudah sering terjadi setiap tahunnya di kawasan WKO yakni sekitar bulan Agustus dan awal September.

Baca Juga :  Bikin Malu Sragen, Kakek Raja Copet Asal Tanon Tertangkap di Tengah Kerumunan Ribuan Warga Klaten. Ini Tampangnya!

Fenomena upwelling diungkapkan sejumlah petani ikan di karamba WKO, Senin (29/8/2022). Mbah Dung salah satu petani karamba membenarkan munculnya fenomena upwelling yang menyebabkan banyak ikan mati mendadak.

“Betul Mas, ini baru sebagian kecil ikan yang mati. Tidak merata, lokasinya bagian selatan mas,” kata mbah Dung kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Kematian ikan mendadak akibat fenomena upwelling di karamba WKO. Foto/Wardoyo
Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com