JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pilpres 2024, Pengamat Sebut Jokowi Bakal Jadi Kunci Penentu Kemenangan Pilpres 2024!

Agus Riewanto. Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi diprediksi bakal menjadi kartu as atau penentu kemenangan pasangan yang akan meraih suara terbanyak di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Basis massa Jokowi yang selama ini dinilai militan, diyakini bakal menjadi ladang suara potensial yang punya peran krusial menentukan di 2024.

Karenanya, calon yang bisa merebut hati dan didukung Jokowi, diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan pengamat Politik Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Agus Riewanto, saat menyampaikan tanggapan terkait peta di Pilpres di 2024.

Ia memaparkan, para capres sudah tentu ingin menjadi bagian dari jejaring Jokowi. Karena selama proses menjadi Presiden RI hingga dua periode, Jokowi dikelilingi oleh basis relawan yang kuat dari berbagai sektor segmentasi.

“Dan itu tak bisa diabaikan banyak orang (capres). Selama ini ada modal kuat hingga terpilih jadi presiden dua kali. Karena punya daya tawar di depan partai dan mampu mengkomunikasikan beragam partai,” paparnya, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga :  Langgar Aturan FIFA, 18 Polisi Penembak Gas Air Mata di Kanjuruhan Diperiksa

Untuk itu kata Agus yang juga Ahli Hukum dan Tata Negara tersebut, para capres akan berlomba-lomba ingin dikenal sebagai bagian dari jejaringnya Jokowi. Harapan itu agar menyedot pemilih potensial sehingga menang dalam Pilpres 2024.

Jokowi menurut Agus, orang yang kini paling berpengaruh di Indonesia sehingga menjadi bagian yang menentukan siapapun yang akan menjadi capres.

“Siapa pun Capresnya, kalau ingin menjadi bagian dari Pak Jokowi. Berupaya didukung Jokowi. Mereka (capres) sudah pasti berupaya meminta restu Jokowi,” jelas dia.

“Termasuk Jokowi menjadi salah satu penentu kemenangan capres yang bertarung di Pilpres 2024,” akunya menekankan.

Baca Juga :  Singkirkan Ganjar- Andika, Nasdem Sah Dukung Anies Capres 2024!

Bahkan kata Agus, capres yang tak melirik dukungan dari sosok Jokowi atau memalingkan mukanya kemungkinan besar terseok-seok hingga bisa menelan kekalahan.

Pasalnya si capres harus membuka jalan sendiri yang notabene risikonya jauh lebih besar.

“Ibarat babat hutan atau mencari jalan tikus, resiko jauh lebih besar (kalahnya). Jalan bersama Pak Jokowi kan sudah lempeng. Makanya mengikuti jejak Jokowi lebih mudah secara politik bagi capres,” terangnya.

Selama ini lanjut Agus, Jokowi yang mengawali karir dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga Presiden RI dikenal dekat dengan rakyat. Kenyataan itu menjadi daya tarik bagi pemilih karena berasal dari masyarakat biasa.

Itu terakumulasi sehingga Jokowi menang Pilpres 2019 dengan memperoleh 70.997.833 suara dan Pilpres 2024 meraih 85.036.828 suara.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com