JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Seiring Perayaan HUT RI  dan Turunnya Paket PKH, Harga Telur di Karanganyar Melambung

Foto ilustrasi, pedagang telur di pasar Jungke, Karanganyar  tengah menunggui dagangannya / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARMEWS.COM –Tanpa disadari,  di saat warga fokus dan sibuk dengan rangkaian acara peringatan HUT-RI ke-77 ternyata harga telur melambung tinggi.

Di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Karanganyar harga telur merambat naik dari semula Rp 22.000/Kg menjadi Rp 29.500 alias naik.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM di Pasar Jungke, Karanganyar menunjukkan harga telur sepekan menjelang peringatan HUT-RI ke-77 naik hampir setiap harinya Rp 500 – Rp 1.000/Kg. Bahkan diperkirakan hingga akhir Agustus ini harga telur terus merangkak naik menembus Rp 30.000/Kg.

“Memang benar setiap harinya harga telur terus naik dari harga pasaran Rp 20.500/Kg terus naik menjadi Rp 22.000/Kg dan hari ini (Kamis 18/8/2022) tembus Rp 28.000/Kg dan ada pula yang Rp 29.500/Kg,” ungkap Darsono (46) kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (18/8/2022).

Saat ditanya penyebab merangkaknya harga telur, Darsono tidak mengetahui pasti, hanya saja menjelang peringatan kemerdekaan permintaan telur naik hampir 40% per hari. Bahkan mendekati malam tirakatan stok telur menipis karena banyaknya permintaan.

“Mungkin saja karena faktor tingginya permintaan barang,” tandas Darsono.

Sementara itu Supatmi (50) salah satu pedagang telur di Pasar Jungke menuturkan merangkaknya harga telur dipicu menjelang pembagian bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) yang mana salah satu  satu bantuan untuk PKH tersebut terdapat telur dalam satu paketnya.

“Selain menjelang peringatan kemerdekaan juga pengaruh saat pembagian paket bantuan PKH sehingga permintaan meningkat,” ungkap Supatmi.

Meski demikian lanjut Supatmi
meski mengalami kenaikan, ketersediaan telur masih aman, hanya saja pasokan mengalami sedikit keterlambatan.

Adapun untuk harga kebutuhan pokok lainnya masih normal yakni beras, minyak goreng dan sayur mayur belum ada indikasi terjadi kenaikan harga. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com