JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Warga Stabelan Kecamatan Selo, Boyolali Dikagetkan Adanya Guguran di Puncak Gunung Merapi

Penampakan puncak Merapi / Foto: Istimewa
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Terjadi guguran material dari puncak Gunung Merapi, pada Jumat (5/8/2022) pagi. Guguran tersebut mengarah ke barat laut.

“Guguran atau longsoran material lama dan bukan guguran lava,” ujar Maryanto, Kadus Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo.

Dijelaskan, guguran tersebut terjadi pukul 08.48 WIB. Guguran  terlihat jelas dari Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele. Warga yang saat itu sedang beraktivitas secara reflek melihat ke arah puncak Gunung Merapi.

Baca Juga :  Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

“Terlihat longsoran material itu mengarah ke hulu Kali Trising,” ujarnya.

Namun demikian, guguran dari puncak Merapi itu tak sampai membuat warga panik. Masyarakat di Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi itu tetap beraktivitas seperti biasanya.

“Aman, warga nggak panik juga. Warga tetap beraktivitas seperti biasanya. Ya, bekerja di ladang seperti biasa. Namun kami senantiasa mengingatkan warga agar tetap waspada. Apalagi, Dukuh Stabelan ini letaknya paling tinggi dan terdekat Merapi untuk wilayah Kecamatan Selo, Boyolali.”

Baca Juga :  Begini Serunya Tradisi Bakda Sapi di Lereng Merapi Dukuh Mlambong,  Musuk, Boyolali! Ternak Sapi Diarak Keliling Pedukuhan

Dihubungi secara terpisah, Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi, Tri Mujiyanto juga membenarkan adanya kejadian tersebut.

Guguran material dari puncak Merapi tersebut mengarah ke barat laut.

“Betul, itu guguran material lama. Terjadi jam 08.48 WIB,” jelasnya.

Ditambahkan, guguran tersebut mengarah ke Kali Trising dengan jarak luncur sekitar 500 meter.

“Saat ini, Merapi masih dalam status siaga atau level III,” pungkasnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com