JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

5 Keunggulan dan Kekurangan Mobil Listrik

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat menjajal mobil listrik Hyundai Ionic di lintasan rumdin Bupati, Kamis (16/12/2021). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah akan menjadikan mobil listrik menjadi kendaraan dinas menggantikan mobil berbahan bakar minyak. Kebijakan pemerintah itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Inpres itu merupakan wujud komitmen Presiden Jokowi dalam menerapkan transisi energi dari sumber fosil ke energi baru dan terbarukan.

Berikut ini sejumlah keunggulan mobil listrik dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.

1. Hemat Energi

Mengutip Energy Sage, mobil listrik mengubah sekitar dua pertiga listrik menjadi energi mekanik. Ini jauh lebih tinggi daripada mobil konvensional yang biasanya mengkonversi kurang dari sepertiga bahan bakar untuk menggerakkan mobil.

2. Mengurangi Emisi

Pengurangan emisi, termasuk pengurangan penggunaan bahan bakar, adalah keunggulan lain untuk semua kendaraan listrik. Karena kendaraan listrik mengandalkan baterai yang dapat diisi ulang, dan tidak menghasilkan emisi knalpot yang berkontribusi besar pada polusi.

Selain itu, pengendaranya dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli bahan bakar minyak.

3. Performa tinggi dan minim perawatan

Mobil listrik termasuk kendaraan berpeforma tinggi karena mesinnya halus, tidak berisik, dapat melaju cepat, dan lebih responsif dibanding mobil konvensional. Selain itu, mobil listrik juga lebih minim perawatan internal jika dibandingkan mobil bahan bakar minyak.

4. Pengisian baterai di rumah

Mengutip Auto Trader, mobil listrik dapat jadi pilihan bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk mengantre bahan bakar di pom bensin.

Dengan memiliki charger sendiri, pengisian baterai mobil listrik bisa dilakukan di rumah. Ini membantu pengendara mengisi energi mobil listrik kapan saja, dan tidak perlu repot-repot mengantri panjang untuk pengisian bahan bakar.

5. Mudah dikendarai

Mobil listrik mudah dikendarai karena hanya memiliki satu gigi dan tidak mudah mogok.

Mobil listrik juga hanya memiliki dua pedal, rem, dan akselerator seperti mobil matik. Namun, dengan mobil listrik, akselerator dapat melakukan sebagian besar pekerjaan karena mekanisme pengereman regeneratifnya

Meski dinilai memiliki keunggulan, mobil listrik juga mempunyai kekurangan. Apa saja kekurangan mobil listrik dibanding mobil berbahan bakar minyak?

1. Jarak tempuh lebih dekat

Mengutip Energy Sage, mobil listrik rata-rata memiliki jangkaun tempuh yang lebih pendek dibanding mobil bahan bakar minyak. Sebagian besar mobil listrik berjarak tempuh antara 96.000-193.121 kilometer per pengisian daya. Berbeda dengan mobil bertenaga minyak yang rata-rata dapat menempuh jarak sekitar 482.803 kilometer saat tangki bensin terisi penuh.

2. Pengisian daya cukup lama

Pengisian daya mobil listrik level 1 maupun 2 dapat memakan waktu hingga 8 jam. Bahkan, di stasiun pengisian cepat membutuhkan waktu 30 menit untuk kapasitas daya 80 persen. Ini membuat pengemudi mobil listrik musti lebih berhati-hati dalam merencanakan perjalanan karena sulitnya mengisi daya listrik.

3. Perbaikan atau pergantian baterai bisa mahal

Melansir Auto Trader, baterai merupakan komponen utama mobil listrik karena bertugas menyimpan dan memberi daya gerak pada mobil. Karena itu meskipun tidak sering terjadi, baterai dapat rusak atau perlu diperbaiki, yang biayanya bisa sangat tinggi (tergantung pada kerusakan dan modelnya).

4. Menyebabkan limbah elektronik

Mobil listrik mungkin tidak menghasilkan emisi knalpot tetapi tetap berkontribusi pada jenis limbah lainnya. Mobil listrik dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang menggunakan banyak energi dan bahan baku.

Akhirnya, belum ada cara yang sepenuhnya berkelanjutan untuk mendaur ulang baterai ini karena menggunakan kembali baterai untuk penggunaan lain belum efisien.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com