JOGLOSEMARNEWS.COM Info

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Data Pribadi Bocor? Ini Saran Pakar

Ilustrasi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Data pribadi merupakan sesuatu yang sifatnya rahasia. Sebab, jika sampai data pribadi bocor, hal itu bisa sangat berbahaya dan bisa disalahgunakan orang tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.

Padahal, belakangan ini marak terjadi kasus kebocoran data pribadi. Kasus terbaru adalah aksi hacker Bjorka yang meretas data milik BUMN, kementerian, dan pejabat.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah data yang dibocorkan mencakup nama lengkap, nomor ponsel, NIK, alamat, hingga riwayat hidup.

Lalu, bagaimana jika data pribadi kita sudah terlanjur bocor? Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, memang tidak banyak yang bisa dilakukan masyarakat bila data pribadinya seperti NIK bocor.

“Secara teknis, kalau memang data kependudukan kita bocor, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi kita perlu berhati-hati dan menyadari kemungkinan data yang bocor itu dieksploitasi, “ katanya.

Guna meminimalisir risiko bahaya yang terjadi, seseorang perlu segera melakukan pengamanan terhadap data pribadi yang sudah terlanjur bocor. Dilansir dari Fulton Bank, berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat data pribadi bocor:

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com