JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bikin Pingsan, Harga Cincin Brigjen Andi Rian Bisa Untuk Bangun Jalan Pelemgadung-Ngarum Sragen. Ternyata Ini Keistimewaan Cincin Royal Blue Safir

Brigjen Andi Rian Djajadi (tengah). Foto/Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Penampilan mewah Dirtipidum Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi yang parlente dengan outfit jutaan hingga miliaran belakangan terus menuai sorotan publik.

Pasalnya dilihat dari daftar gaji di jenjang Polri, penghasilannya dinilai tak sebanding dengan harga outfit yang dikenakan.

Sebagai gambaran, pangkat Brigjen Andi Rian termasuk kedalam Perwira Tinggi atau golongan 4.

Dalam struktur gaji Polri, besaran gaji sebagai Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) yaitu senilai Rp 3.290.500 – Rp 5.576.500 perbulan.

Brigadir Hendra Kurniawan sendiri menduduki kelas jabatan 15 dengan besaran tunjangan sebesar Rp 14.721.000.

Jika ditotal gaji dan tunjangan perbulan yang mengalir ke kocek Hendra mencapai Rp 20 jutaan dengan asumsi gajinya di batas atas untuk Brigjen Pol yakni Rp 5 jutaan.

Salah satu item yang membuat publik langsung pingsan adalah cincin yang dikenakan di jari manis Andi.

Cincin yang disebut dari batu safir itu konon berjenis Royal Blue Sapphire yang diduga harganya berkisar hingga Rp 1,2 miliar.

“Kalau punya teman saya, cincin berlian Royal Blue Sapphire sertifikat GRS Dublin harga Rp 1.2 M,” cuit pengguna Twitter @BossTemlen, dalam unggahan yang disertai dua foto, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga :  Lengser dari Jabatan Ketum PPP, Suharso Monoarfa Bakal Ditawari Jabatan Ketua Majelis Pertimbangan Partai

Foto pertama tampak Dirtipidum tengah memegang mikrofon, jari manisnya menyandang cincin dengan batu safir biru.

Foto kedua, menampilkan penampakan batu safir jenis Royale Blue beserta sertifikat. Batu itu tampak serupa seperti yang dikenakan Andi Rian.

Harga fantastis batu cincin kecil itu hampir setara dengan dana untuk membangun jalan dari Pelemgadung-Ngarum di Kecamatan Karangmalang, Sragen.

Dari pagu anggaran APBD Perubahan 2022 Kabupaten Sragen yang dirilis DPU Sragen, pembangunan jalan kabupaten sepanjang hampir 1-2 kilometer itu membutuhkan anggaran Rp 1,5 miliar.

Daftar ruas jalan kabupaten Sragen yang akan dibangun di APBD Perubahan 2022. Foto/Wardoyo

Apa Istimewanya Batu Safir

Menurut Gemological Institute of America atau GIA, safir merupakan batu permata berharga, jenis mineral korundum yang terdiri dari aluminium oksida (α-Al2O3).

Batu safir mengandung sejumlah elemen seperti besi, titanium, kromium, vanadium, atau magnesium. Nama safir diambil dari warnanya dalam bahasa Latin “saphirus” dan bahasa Yunani “sapheiros”, yang artinya biru.

Tapi tak melulu biru, ada juga jenis batu safir dengan warna lain seperti kuning, ungu, oranye, dan hijau.

Baca Juga :  Hartanya Melimpah, Ini Deretan Top 3 Polisi Terkaya di Indonesia Versi LHKPN. Nomor 3 Bertugas Terkait Teroris..

Selain warna dominan, ada juga korundum dengan dua warna. Batu safir jenis ini disebut safir parti. Ada juga baru korundum warna merah dominan, tapi bukan disebut safir.

Baru korundum merah dikenal dengan nama rubi atau merah delima. Selain itu, ada juga korundum merah muda. Kadang disebut batu safir, tapi ada juga yang disebut batu rubi.

Penyebutan ini tergantung lokasi ditemukannya batu tersebut. Batu safir merupakan salah satu batu terkeras, skala kekerasannya mencapai 9 Mohs.

Mohs adalah skala ukur kekerasan benda terhadap goresan. Skor ini menempatkan batu safir di posisi ketiga setelah moissanite (9.5 Mohs), dan berlian (10 Mohs).

Karena kekerasannya, batu safir kerap digunakan dalam beberapa aplikasi non hias. Korundum dapat ditemukan dalam komponen seperti optik inframerah, kaca jam tangan, layar ponsel, jendela dengan daya tahan tinggi, dan lainnya.

Batu safir dijadikan batu permata karena keindahan warnanya. Richard W Hughes dan kawan-kawan dalam Ruby & Sapphire: A Gemologist’s Guide menjelaskan, warna batu safir dinilai berdasarkan rona, saturasi, dan nada.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com