JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah

Apel hijau. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Buah merupakan makanan yang menjadi sumber vitamin bagi tubuh. Tetapi, penderita diabetes atau gula darah tinggi, seringkali menghindari makan buah, karena buah dikenal sebagai sumber gula alami yang dapat meningkatkan gula darah.

Meski demikian, sebenarnya tidak semua buah memberikan efek buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa buah yang memberikan efek baik untuk mengontrol atau menurunkan gula darah dalam tubuh.

Tak hanya itu, ternyata ada beberapa buah menawarkan kombinasi nutrisi yang bagus untuk membantu mencegah penyakit kronis. Berikut adalah lima buah yang berkhasiat untuk menurunkan dan menjaga kadar gula darah:

Baca Juga :  Turunkan Kolesterol dengan Racikan Minuman Herbal Rumahan Ini

1. Alpukat

Selain rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, alpukat juga dapat membantu menurunkan atau mengatur gula darah dalam tubuh. Dilansir Medical News Today, alpukat dapat mengurangi kadar gula darah dan melindungi dari perkembangan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Baca Juga :  Posisi Minum Obat Berdampak ke Waktu Penyerapan oleh Pencernaan, Ini Penjelasannya

2. Apel

Apel adalah salah satu buah yang turut berkontribusi menurunkan dan menjaga gula darah tubuh. Dikutip eatthis.com, selain kandungan seratnya yang besar, apel juga kaya akan polifenol, senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Polifenol juga dikenal sebagai senyawa yang merangsang produksi insulin dan menjaga gula darah agar tidak melonjak atau turun.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com