JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dorong  Kreativitas PKK Desa Pojok untuk Tingkatkan Penghasilan, Mahasiswa KKN 157 UNS Ajarkan Pembuatan Sirup Jahe Merah

Mahasiswa KKN kelompok 157 UNS  yang berlokasi di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar tengah berfoto bersama

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 157 UNS Surakarta melakukan sosialisasi pengolahan sirup jahe merah bagi ibu-ibu PKK Desa Pojok,  Mojogedang, Karanganyar.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja KKN kelompok 157 UNS  yang mengusung tema  “Pengembangan UMKM Desa Pojok”

“Melalui program ini, kami ingin memberdayakan dan meningkatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pojok,” ujar  Mbarep Adji Putra Bismoko, selaku Ketua KKN Kelompok 157 UNS.

Baca Juga :  Persiapan Hadapi AKM, Mahasiswa KKN 70 UNS Latih Siswa SDN 1 Majasto Operasikan Komputer

Mbarep, sapaan akrabnya, menjelaskan, pemilihan jahe merah sebagai bahan dasar pembuatan sirup, karena  jahe merah dikenal  memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Terlebih lagi, jahe merah   merupakan salah satu potensi utama hasil pertanian di Desa Pojok.  Dengan demikian, jika upaya tersebut berkembang, masyarakat tidak akan kesulitan bahan baku.

Program ini juga bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Desa Pojok. Sebagai informasi, terdapat tiga kelompok KWT, diantaranya; KWT Pesona Dalem Tani, KWT Karya Sejahtera dan Tanem Berkah, dan KWT Hikmah Lestari.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 94 UNS Gelar Sosialisasi Digimartpack pada UMKM Tahu Tempe di Desa Jembungan, Boyolali

Program kerja tersebut, menurut Mbarep  dilakukan di wilayah Dusun Bendo, Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar dan dilaksanakan pada Selasa (23/08/2022). Acara dihadiri oleh Ibu Ketua PKK Desa Pojok,  Syamsini A.Md.Keb., SKM.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com