JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Enaknya Menanam Kacang Sacha Tinggal Siapkan Lahan, Soal Bibit Perangkat Sampai Panenan Sudah Ada yang Siap Menyediakan

Kacang sacha
Kacang sacha. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Enaknya menanam kacang sacha tinggal siapkan lahan, soal bibit perangkat sampai panenan sudah ada yang siap menyediakan.

Di peluang bisnis kacang sacha ini ternyata perawatan minim bisa dipanen hingga puluhan tahun, perkilo dihargai 5000 rupiah.

Terkait peluang bisnis kacang sacha ini, di Wonogiri kini mulai dibudidayakan. Bahkan sudah dilakukan pemanenan perdana di lahan kawasan greenbelt atau sabuk hijau Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Selasa (13/9/2022).

“Tidak sulit untuk menanamnya dan tidak memerlukan perawatan khusus, kami juga sudah bekerjasama dengan perusahaan apabila ada petani yang berminat mereka tinggal mempersiapkan lahan saja, untuk bibit dan perangkatnya kita bantu sampai dengan hasilnya nanti kita beli,” beber Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf Achiruddin.

Baca Juga :  Kronologi 2 Bocah Tewas di Kahyangan Dlepih Tirtomoyo Wonogiri, Niat Mancing Berujung Petaka

Untuk diketahui di Wonogiri kacang sacha inchi ditanam di lahan greenbelt sebanyak 15 ribu bibit pada area seluas 3 hektare. Penananam dimulai sejak April lalu, dan saat ini dilaksanakan panen perdana.

Dari awal menanam dibutuhkan sekitar 6 bulan untuk menunggu panen dan setelah itu bisa terus menerus dilaksanakan panen selama kurun waktu 15-20 tahun. Jadi tanaman kacang sacha ini benar-benar tidak menyulitkan dan bahkan disela-sela tanaman kacang yang berjarak 1.5 meter ini juga bisa ditanam tanaman lain.

Baca Juga :  1 Tewas Kecelakaan di Depan DPC PDIP Wonogiri, Korban Naik Suzuki Spin Tabrakan dengan Truk Mitsubishi

Satu kali tanam, empat sampai lima hari kemudian panen lagi, seterusnya sampai umur tanaman mencapai 15-20 tahun, serta bisa juga diselingi dengan tanaman lain/tumpangsari, jadi sangat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com