JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Hadiri Haul Kyai Ageng Gribig di Jatinom Klaten, Menko Airlangga Ingatkan Pentingnya Pelestarian Budaya

Menko Airlangga Hartarto (depan palin kanan) dalam acara Haul Kyai Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Kamis (15/9/2022) / Foto: tangkapan layar
   

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Di tengah ribuan orang dari Kabupaten Klaten dan sekitarnya yang menghadiri acara Haul Kyai Ageng Gribig, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan kembali tentang sejarah dakwah almarhum.

Airlangga mengatakan, melalui dakwah yang halus sopan, unik, namun juga tegas, Kyai Ageng Gribig  berhasil mengajak mayoritas warga Jatinom, Klaten dan sekitarnya masuk Islam.

“Almarhum Kyai Ageng Gribig ini eyang buyut saya sehingga saya terus rutin menyelenggarakan Haul setiap tahunnya guna mengingatkan sejarah dakwah Almarhum untuk dipetik hikmahnya,” ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperi dikutip dari akun YouTube Majelis Ahlul Hidayah, Kamis dari Lapangan Jatinom, Klaten (15/9/2022).

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

Menurut Airlangga, Haul selain memperingati meninggalnya Almarhum, sekaligus juga untuk sholawatan dan pengajian menuju keselamatan Indonesia terbebas dari pandemi dan dari ancaman krisis dunia.

Adapun Kali ini, sholawatan dipimpin langsung oleh Habib Syech Abdul Qodir Assegaf  serta tausyah dari Kyai Agus Ali Mashuri dari Sidoarjo, Jatim.

“Banyak manfaat yang dipetik dari acara Haul ini termasuk mengenang tradisi Yaqowiyu yakni tradisi pembagian makanan apem kepada masyarakat sambil berwirid yang mana peringatan tradisi akan digelar, Jumat (16/9/2022) di Jatinom,” tandas Menko Airlangga Hartarto seperti dikutip dari akun Youtube Majelis Al Hidayah tersebut.

Dijelaskan Airlangga, tradisi Yaqowiyu merupakan strategi dakwah Kyai Ageng Gribig saat itu, sehingga berkesan hingga sekarang.

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

Menurut Airlangga, peringatan Haul setiap tahun sudah menjadi petuah amanat dari pihak keluarganya agar terus digelar guna kebaikan bersama.

Sementara itu Habib Syech Abdul Qodir Assegaf pada pidatonya mengapresiasi niatan Airlangga Hartarto selaku keluarga Almarhum Kyai Ageng Gribig yang terus menggelar Haul rutin setiap bulan Safar.

“Alhamdullilah Haul ini kita tujukan bersama mencari Ridlo Alloh SWT sehingga setiap Haul selalu diikuti banyak sekali Umat Islam sehingga secara tidak langsung berdampak positif membangkitkan ekonomi rakyat,” ungkap Habib Syech Abdul Qodir Jaelani. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com