JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Batas Maksimal Konsumsi Gula dan Garam Perhari, Jangan Sampai Melebihi Takaran Berikut ya

ilustrasi gula / tempo.co

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini batas maksimal konsumsi gula dan garam perhari, jangan sampai melebihi takaran berikut ya.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengatakan konsumsi gula berlebih, baik dari makanan atau minuman berisiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan seperti gula darah tinggi, obesitas, dan diabetes melitus.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mulai dari sendiri. Lebih bijak dalam memperhatikan asupan makan sesuai dengan isi piringku. Serta menjaga asupan gula garam dan lemak sesuai dengan rekomendasi maksimum sesuai batas maksimal konsumsi gula dan garam perhari.

Baca Juga :  Geger, Warga Cibodas Tangerang Tewas Gantung Diri di Sambirejo Jatisrono Wonogiri

Batas maksimal konsumsi gula dan garam perhari yaitu gula sebanyak 50 gram per hari (4 sdm), garam sebanyak 2 gram (sdt), dan lemak sebanyak 67 gram (5 sdm).

”Kita minta masyarakat sadar untuk menjaga kesehatan diri dan keluarganya . Pola asuh yang benar akan mencegah anak anak mengidap penyakit diabetes melitus, hipertensi dan kolesterol di usia dewasa nanti,” jelas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu..

Baca Juga :  Kasus Sabu Nambangan Selogiri Wonogiri, Warga Solo Ditangkap Polisi

Dalam kurun waktu lima tahun saja, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) terjadi peningkatan prevalensi penyakit tidak menular di indonesia.

Berdasarkan data tahun 2013 menunjukkan prevalensi diabetes sebesar 1,5 permil meningkat pada tahun 2018 menjadi 2 permil. Demikian juga gagal ginjal kronis dari 2 permil menjadi 3,8 permil, sementara stroke meningkat dari 7 permil menjadi 10,9 permil.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com