JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jenazah Azyumardi Azra Akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Prof. Azyumardi Azra (bertopi) saat terakhir di pesawat menuju Malaysia. (Foto: istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Jenazah Ketua Dewan Pers, Prof Dr Azyumardi Azra menurut rencana akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Mengenai lokasi pemakaman di TMP Kalibata, menurut sekretaris pribadi almarhum, Vemi Nurbaini, karena semasa hidupnya, Azyumardi Azra pernah

“Bapak kan menerima Bintang Mahaputera, jadinya mau disiapkan untuk di Taman Makam Pahlawan,” kata Vemi di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/9/2022).

Vemi mengatakan ia sedang menyiapkan semua berkas untuk keperluan pemakaman Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Vemi menginformasikan bahwa saat ini jenazah Azyumardi masih berada di rumah sakit di Malaysia.

“Memang saat ini Bapak belum bisa pulang kembali ke Tanah Air, terakhir update-nya memang masih di rumah sakit dan masih bersama Pak Dubes Hermono (Dubes RI untuk Malaysia),” ucap Vemi.

Kendati demikian, ia mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut soal waktu pasti jenazah Azyumardi tiba di Tanah Air.

“Sampai saat ini belum ada, paling itu besok, paling lambat besok,” kata dia.

Sementara itu Armia Putriana, keponakan Azyumardi, menyatakan menerima informasi bahwa Rekor UIN Syarif Hidayatullah sedang mengusahakan agar jenazah Azyumardi dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

“Ini Rektor UIN mengusahakan untuk di pemakaman pahlawan, tetapi mau di mana pun kami berharap Bapak bisa pulang, kondisi tadi terakhir kami video call Bapak sudah dikafani, sebelum ditutup wajahnya bahagia ceria happy,” kata Armia di rumah duka.

Sebagamana diketahui, Azyumardi Azra mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat 16 September 2022 akibat gangguan jantung saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com