JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah Heroik Danyonif 408 Setahun Pimpin Pasukan Bertaruh Nyawa Lawan Gerombolan OPM di Papua. 446 Prajurit Pulang Selamat, 4 Meninggal Dunia

Letkol Inf Ade Afri Verdaniex. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepulangan tim Yonif 408/SBH Sragen dari tugas pengamanan di Papua, Kamis (29/9/2022) membawa kisah haru.

Betapa tidak, selama hampir setahun bertaruh nyawa melawan gerombolan separatis atau pemberontak bersenjata OPM, menghadirkan kisah perjuangan tak mudah.

Empat prajurit terpaksa harus mengembuskan nafas terakhir setelah tertembak oleh OPM dan satu lainnya karena sakit.

Hal itu diungkapkan Komandan Yonif 408, Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM seusai penyambutan kepulangan tim Satgas Yonif 408 di Mako Yonif, Kamis (19/9/2022).

Baca Juga :  Polisi Gerebek Mobil Pikap di Depan JNE Masaran, Sopir Langsung Jadi Tersangka

“Kesan yang paling saya rasakan membawa 1 batalion, yang pertama kami merasa bangga karena inilah tempat kami menguji kemampuan, menguji diri dan menguji seluruh jiwa raga kami untuk mampu berbakti ke bangsa dan negara,” paparnya.

Ade menguraikan tak sedikit rintangan yang dihadapi selama hampir 12 bulan melakukan tugas pengamanan di Papua.

Tak hanya Medan terjal, empat prajurit harus meninggal dunia akibat kontak tembak dan sakit.

Baca Juga :  Penjualan Kayu Jati di Desa Sribit Dipastikan Jadi Pendapatan Desa. Lahannya untuk Relokasi Korban Bengawan

“Jumlah personel 450 orang sampai saat ini ada 4 Anggota kami yang meninggal di wilayah penugasan. Di mana 1 meninggal karena sakit dan ke 3 meninggal akibat luka tembak dengan OPM,” ujarnya.

Ia menceritakan, tim Satgas berangkat bulan September 2021 dan pulang kembali ke markas pada bulan September 2022 atau bertugas selama 12 bulan.

Ade juga mengisahkan perjuangan menegangkan saat harus berjuang melawan pemberontak separatis OPM.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com