JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 171 UNS Ajarkan Budaya Menabung Sejak Dini pada Anak-anak di Desa Pendem

Mahasiswa KKN kelompok 171 UNS berfoto bersama dengan anak-anak di Desa Pendem, Sumberlawang Sragen usai sosialisasi budaya menabung dan pembagian celengan / Foto: Istimewa
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dunia yang semakin modern dewasa ini, menghadirkan banyak tawaran yang sifatnya sangat konsumtif.

Kuliner, nonton, kongkow di cafe dan segala tawaran-tawaran menarik lainnya cukup menjadi godaan, khususnya bagi anak-anak dan remaja.

Tentu saja, untuk memenuhi semua tawaran tersebut bukannya gratis. Orang harus merogoh  kocek memuaskan dirinya dengan aneka tawaran tersebut.

Jika tidak pandai-pandai mengatur “gas dan rem” seperti yang diandaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyikapi pandemi Covid-19 kemarin, kocek bakal terkuras dan anak tak dapat memiliki tabungan untuk masa depannya.

Anak-anak di Desa Pendem, Sumberlawang, Sragen tampak begitu gembira mendapatkan celengan dari mahasiswa KKN kelompok 171 UNS / Foto: Istimewa

Untuk melatih anak agar mampu memenej diri sendiri dan mengelola keuangan secara mandiri, mahasiswa KKN Kelompok 171 UNS  menggelar sosialisasi mengenai pentingnya menabung sejak dini, Jumat (12/8/2022).

Sosialisasi yang berlangsung  di Gedung Serbaguna Desa Pendem, Sumberlawang, Sragen  itu mengusung tema ”Pendem Menabung”.  Kegiatan itu dihadiri oleh anak-anak dan karang taruna setempat.

Ketua KKN Kelompok 171 UNS, Rifky Ihza Febriansyah menjelaskan, kegiatan ”Pendem Menabung” bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak Desa Pendem mengenai pentingnya budaya menabung terutama sejak usia dini atau usia anak-anak.

Menurutnya, budaya menabung juga dapat mencegah anak-anak bersifat konsumtif,  karena sering kali setiap mendapatkan uang dari orang tuanya selalu langsung dipakai untuk jajan.

“Padahal kalau itu ditabung, maka uang yang terkumpul itu nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat bagi anak,” ujarnya.

Rifky menjelaskan, kegiatan sosialisasi ”Pendem Menabung” dipilih  karena melihat budaya masyarakat yang belum terbiasa  menabung, bahkan bagi yang berusia dewasa sekalipun.

Sehingga harapannya, program itu bisa menjadi media perubahan budaya masyarakat agar bisa memiliki kebiasaan menabung sejak dini.

Selain sosialisasi pentingnya menabung sejak dini, di ujung dari kegiatan itu, dibagikan 40 celengan kepada anak-anak.

Salah satu perwakilan dari karang taruna Dharma Putera Pendem, Hendra (19) mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Kelompok 171 UNS yang telah mengadakan sosialisasi pentingnya menabung sekaligus membagikan celengan kepada anak-anak.

”Saya mewakili karang taruna, dan juga adik-adik di sini, mengucapkan terima kasih banyak kepada mas dan mbak KKN yang sudah mengadakan sosialisasi ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terutama untuk adik-adik di sini,” ujarnya.

Untuk diketahui, KKN Kelompok 171 UNS terdiri dari sembilan personel, yan masing-masing adalah Heidy Sisiliani Rindang, Agiesta Feronika Chandra, Muhammad Irsyad, Tasya Dewinta Putri, Rifky Ihza Febriansyah, Isnaini Dwi Nugraha, Assyafa’ul Basith, Taufiqul Firdaus dan Alfi Rizki A’yunin. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com