JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 67 UNS Beri Pelatihan bagi Penyandang Disabilitas di Desa Kateguhan

Mahasiswa KKN kelompok 67 UNS sedang memberikan pelatihan kepada anak-anak penyandang disabilitas di Desa Kateguhan, Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Mahasiswa KKN Kelompok 67 UNS Surakarta mengadakan pelatihan bagi masyarakat penyandang disabilitas di Kelurahan Kateguhan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.

Untuk menggelar kegiatan itu, tim KKN 67 UNS menggandeng sanggar inklusi Mutiara Hati Tawangsari sebagai mitra kerja dalam pelatihan berjenjang, khususnya bagi disabilitas di bawah usia 15 tahun.

Selain menggandeng sanggar inklusi Mutiara Hati sebagai mitra, tim KKN 67 UNS juga bergabung dengan SHG masyarakat disabilitas Desa Kateguhan untuk memudahkan akses dan pelatihan yang dilakukan.

Baca Juga :  Senangnya Murid-murid Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Solo Membuat Jamu di Kidoland Nguter, Sukoharjo

Ketua KKN 67 UNS, Sukri Warih Sasono menjelaskan, dalam pelatihan tersebut, mahasiswa KKN 67 UNS  membagi kegiatan dalam rataan usia masyarakat disabilitas. Masyarakat disabilitas dibagi menjadi anak-anak dan remaja dewasa.

Dijelaskan, dalam pelatihan tersebut, anak-anak di bawah usia 15 tahun yang tergabung dalam sanggar inklusi Mutiara Hati, diberikan latihan pascaterapi untuk meningkatkan kinerja otak dan respon stimulus secara berjenjang tiap pekan di sanggar inklusi.

Baca Juga :  Nguri-uri Warisan Leluhur, Mahasiswa KKN 40 UNS Ajak Anak-anak di Kelurahan  Kestalan Rawat Situs Ponten Ngebrusan Mangkunegaran
Mahasiswa KKN kelompok 67 UNS sedang berfoto bersama dengan grup Disabilitas SHG / Foto: Istimewa

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih respons anak-anak disabilitas sehingga bisa memperbaiki kekurangan yang mereka alami,” ujar Ketua kelompok KKN 67 UNS, Sukri Warih Sasono.

Pelatihan bagi anak, menurut Sukri, bertujuan agar anak menjadi lebih responsif dan lambat waktu, biar bisa membaur dengan temannya.

Sementara pelatihan untuk golongan dewasa, menurut Sukri, terdapat pelatihan pembuatan karya berupa gantungan kunci (Ganci).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com