JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 74 UNS Dorong Semangat Membaca Siswa Pada 3 SD di Desa Lorog, Tawangsari, Sukoharjo

Mahasiswa KKN Kelompok 74 UNS tengah memberikan motivasi dan mendorong minat baca kepada para siswa MI Muhammadiyah Lorog. Terlihat anak-anak sangat antusias mengikutinya / Foto: Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Data dari UNESCO menunjukkan dari 1.000 orang Indonesia, cuma satu  orang saja yang rajin membaca! Ini bukan lagi rendah namun memprihatinkan.

Kondisi semakin diperparah lagi, karena ketika minat baca belum tumbuh, kini sudah dihantam dengan disrubsi digital, yang secara langsung atau tidak, telah mereduksi minat baca anak dari buku ke arah gadget.

Mahasiswa KKN Kelompok 74 UNS berfoto bersama dengan anak-anak di SD Lorog 1, Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

Yang lebih parah lagi, anak-anak akan kehilangan daya imajinasi dan eksplanatif ketika harus menjelaskan secara naratif.

Dampak tersebut sangat mungkin terjadi, karena di era digital di mana fenomena media sosial (Medsos) menggejala, anak-anak lebih banyak disuguhi tontonan yang didominasi video.

Baca Juga :  Pemutaran Film Paska FFP di Tambaksari Cilacap, Upaya Menepati Janji Almarhum Insan

Informasi yang berupa narasi pun, di ranah media sosial hanya sepenggal-sepenggal, sehingga anak-anak tak bisa memahami informasi secara utuh.

Melihat kondisi yang demikian memprihatinkan, mahasiswa KKN UNS mengadakan program kerja yang bisa membantu meningkatkan semangat siswa siswi dalam berliterasi.

Program kerja ini merupakan salah satu program utama dari mahasiswa KKN kelompok 74 UNS Surakarta.

“Program Literasi ini memiliki tiga tema yang berbeda. Tema yang diusung disesuaikan dengan karakteristik sekolah masing-masing,”  ujar salah satu perwakilan KKN Kelompok 74 UNS, Ismi.

Baca Juga :  Keren, Alumni SMKN 2 Ponorogo go to Japan
Mahasiswa KKN Kelompok 74 UNS berfoto bersama dengan anak-anak di SD Lorog 2, Tawangsari, Sukoharjo / Foto: Istimewa

Misalnya, di SD Negeri Lorog 1, kegiatan dilaksanakan pada Kamis (4/8/2022) dengan agenda pembuatan pojok baca yang melibatkan siswa-siswi dalam proses menghias tempat pojok baca agar menarik dan nyaman.

Ismii menjelaskan, pembuatan pojok baca itu untuk memberikan rasa tanggung jawab kepada siswa-siswi serta untuk memotivasi mereka agar lebih senang membaca buku.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com