JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 77 UNS Gelar Pelatihan Pembuatan Ecoprinting dan Resin Art di Desa Mranggen

Mahasiswa KKN kelompok 77 UNS tengah memberikan penjelasan kepada peserta pelatihan pembuatan ecoprinting dan resin art / Foto: Istimewa
   

 SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Mahasiswa KKN Kelompok 77 UNS menggelar kegiatan workshop atau pelatihan pembuatan ecoprinting dan resin art bagi masyarakat Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, Minggu (14/9/2022).

Kegiatan yang berlangsug di Balai Desa Mranggen tersebut diikuti oleh Ibu-ibu kader PKK dan Posyandu desa setempat.

Usai mendapat penjelasan dari mahasiswa KKN kelompok 77 UNS, peserta pelatihan tengah asyik melakukan praktik pembuatan ecoprinting / Foto: Istimewa

Penanggung jawab program kegiatan, Adhitama Andrian Pramana dan Zefanya Talentaning Putri menjelaskan, workshop tersebut bertujuan untuk  mengembangkan potensi yang ada di Desa Mranggen dengan memberikan ide peluang usaha baru.

Menurut Adhitama,  pelatihan tersebut diikuti sekitar 35 orang  yang terdiri dari Ibu-ibu kader PKK dan Posyandu Desa Mranggen.

Para peserta tampak sangat antusias menggikuti pelatihan pembuatan ecoprinting dan resin art ini.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

“Beberapa bahkan sangat antusias bertanya mengenai proses pembuatan secara mendetail dan ingin mempraktikan sendiri setelah kegiatan ini berlangsung,” ujar Adhitama.

Sedangkan Zefanya Talentaning Putri berharap pelatihan pembuatan ecprintin dan resin art tersebut dapat memberikan ide usaha baru di bidang industri kreatif dengan pembuatan berbagai macam cendera mata ecoprinting maupun resin art.

Mahasiswa KKN kelompok 77 UNS berfoto bersama dengan peserta pelatihan pembuatan ecoprinting dan resin art / Foto: Istimewa

Ia berharap kegiatan itu bisa memantik semangat dan ide-ide kreatif lainya dari masyarakat untuk mengembangkan potensi desa yang ada guna menambah pendapatan masyarakat setempat.

Sementara itu, Ketua KKN Kelompok 77 UNS,  Pradana Ricardo menjelaskan, kegiatan tersebut terinspirasi dari banyaknya tumbuhan dan bunga yang ada di lingkungan sekitar desa.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Karena itulah, terpikir untuk membuat produk yang selain punya kegunaan juga meiliki nilai jual seperti cindera mata ecoprinting maupun resin art,” ujar dia.

Senada dengan itu, Drs Bambang Harjito, M.App.Sc., Ph.D selaku dosen pembimbing KKN  berharap bahwa kegiatan tersebut dapat mengasah kreativitas dan meningkatkan produktivitas bagi warga  Desa Mranggen di masa mendatang.

Sebagai informasi KKN kelompok 77 UNS  terdiri dari 10 personel yang masing-masing adalah Pradana Ricardo (Ketua), Nuraika Dea Ayuningjati, Zefanya Talentaning Putri, Sumayyah Hanaani, Iswatun Hasanah, Naomi Halimun Pintari, Adhitama Andrian Pramana, Salsabila Nathania Trisaktiaji, Sephia Amaranggita dan Dhea Amara Putri.  Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com