JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Sebanyak 12 siswa dan siswi dari SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo berhasil membuat busana nusantara dari barang-barang bekas. Busana tersebut ditampilkan dalam acara fashion show yang merupakan rangkaian acara dies natalis SMK Citra Medika Sukoharjo ke-10, Rabu, (24/04/2024). Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 12 siswa dan siswi dari SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo berhasil membuat busana nusantara dari barang-barang bekas.

Busana tersebut ditampilkan dalam acara fashion show yang merupakan rangkaian acara dies natalis SMK Citra Medika Sukoharjo ke-10, Rabu, (24/04/2024)

Menurut Rian Andrianto, Kepala Sekolah SMK Citra Medika, barang-barang bekas tersebut terdiri dari kardus, trash bag, karung, sendok, sisa-sisa botol minuman serta kertas minyak.

“Kita pilih barang bekas karena satu ramah lingkungan, mudah didapat, dan juga kita memberi contoh kepada anak- anak yang lain. Bahwa barang-barang bekas apabila dimanfaatkan maka bernilai jual tinggi. Salah satunya bisa dibuat kostum,” ujarnya.

Baca Juga :  80 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Ikuti Sosialisasi MSIB VII

Dengan menggunakan barang-barang bekas yang ada di lingkungan. Para siswa siswi kemudian dibebaskan membuat busana atau kostum sesuai dengan kreatifitas mereka.

Defan Paramita Eva (16) salah satu siswi kelas 11 mengaku membutuhkan waktu selama 2 hari untuk membuat busana dari barang-barang bekas tersebut.

“Kita bikin model busana nusantara dari bahan daur ulang. Bahannya plastik, kardus, kain, dan juga kawat. Susahnya disini membuat kawatnya karena harus kenceng,” ujarnya.

Baca Juga :  80 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Ikuti Sosialisasi MSIB VII

Sementara itu Bunga Kaila yang juga siswi kelas 11 mengaku membutuhkan waktu 4 hari. Bersama dengan teman-teman satu kelasnya untuk membuat dress. Dari bahan trash bag bekas, kain mori, jarik, kabel tis, manik- manik, serta kertas minyak.

“Bikinnya susah-susah gampang, susah buat roknya, kan harus pakai kawat dilapisi kain mori. Inspirasinya dari sosmed tiktok, kan banyak disana,” tandasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com