JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 89 UNS Ajari Warga Desa Manggung olah Limbah Kayu Jadi Produk Seni Bernilai Ekonomi

Rangkaian program kegiatan yang digelar oleh mahasiswa KKN kelompok 89 UNS berpuncak pada pameran karya limbah kayu yang sangat meriah / Istimewa

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Ibarat pepatah ‘dibuang sayang’, demikian pula limbah kayu yang dihasilkan dari para perajin mebel di Desa Manggung, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Selama ini, limbah kayu dari para perajin mebel di Desa Manggung hanya digunakan untuk pembakaran saja. Atau kalau tidak, limbah kayu tersebut hanya dibuang begitu saja.

Limbah yang berupa serbuk dan potongan kayu tersebut sejauh ini memang masih menjadi problem dan belum ada solusinya.

Inilah sebagian karya siswa SDN 3 Manggung yang berbahan limbah dan serbuk kayu dengan bimbingan mahasiswa KKN Kelompok 89 UNS / Istimewa

Menangapi problem tersebut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 89 UNS  menggelar program kerja terkait pengelolaan limbah kayu, sebagaimana yang dihadapi oleh para perajin mebel di Desa Manggung tersebut.

Baca Juga :  Untuk Asah Kreativitas, Mahasiswa KKN 56 UNS Gelar Pelatihan Menggambar bagi Siswa MA MTQ di Desa Puron, Bulu, Sukoharjo

Ada tiga kegiatan besar yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut, yakni penyuluhan, pendampingan hingga pameran karya limbah kayu sebagai upaya peningkatan potensi pemanfaatan limbah kayu oleh warga setempat.

Kegiatan Penyuluhan Ekonomi Kreatif Pemanfaatan Limbah Kayu diselenggarakan pada Minggu (7/8/2022) bertempat di salah satu pendapa warga RT 04/RW 03, Dukuh Manggung Lor, Desa Manggung, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Baca Juga :  Demi Tetap Sehat di Usia Senja, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 63 UNS terhadap Kaum Lansia di Desa Kamal

Dalam acara tersebut, kelompok KKN 89 UNS menghadirkan narasumber yakni dosen Jurusan Kriya ISI Surakarta, Drs. Kusmadi, M.Sn.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga Desa Manggung. Dalam kesempatan tersebut, Kusmadi memaparkan materi tentang motivasi dan kreativitas dalam mengelola limbah kayu menjadi barang  bermanfaat dan bernilai jual ekonomi.

Untuk menindaklanjuti kegiatan penyuluhan tersebut, kelompok KKN 89 UNS melaksanakan program pendampingan pembuatan produk limbah kayu kepada anak-anak dan remaja Desa Manggung.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com