JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Meledak! Hampir 100 Ribu Pengunjung Peringatan Tradisi Yaqowiyu di Jatinom Klaten. Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo Pun Terkesima

Ratusan ribu warga menghadiri peringatan tradisi Yaqowiyu di Klaten / Foto: Beni Indra
ย ย ย 

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah tiga tahun libur ditiadakan karena pandemi Covid-19, kini peringatan tradisi Yaqowiyu di Kecamatan Jatinom, Klaten, Jateng, Jumat (16/9/2022) meledak dihadiri hampir 100 ribu orang berdesakan.

Tak pelak tamu undangan utama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun Terkesima menyaksikan ledakan pengunjung tersebut.

Bahkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pun terheran-heran melihat antusiasme pengunjung saat berebut apem yang dibagikan dari atas panggung.


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menko Airlangga Hartarto saat menyebarkan apem pada peringatan tradisi Yaqowiyu di Jatinom Klaten / Foto: Beni Indra

“Sedulurku kabeh (saudaraku semua) saya kagum dengan semangat warga Jatinom dan sekitarnya darimanapun yang rela meluangkan waktu datang kemari memperingati tradisi Yaqowiyu,” ungkap Menko Airlangga Hartarto pada sambutannya.

Menurut Airlangga Hartarto antusiasme warga tersebut merupakan potret optimisme masyarakat serta geliat ekonomi yang mulai berjalan pasca pandemi Covid-19.

“Kami berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pengunjung peringatan tradisi Yaqowiyu,” tandas Airlangga Hartarto.

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui ledakan jumlah pengunjung peringatanย  tradisi Yaqowiyu tersebut.

“Luar biasa ramai sekali pengunjung membeludak dan tidak kenal lelah di tengah terik matahari dan saya bangga dengan semangat yang luar biasa ini,” ungkap Ganjar Pranowo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (16/9/2022) yang mengikuti saat berjalan keluar meninggalkan panggung kehormatan.

Menurut Ganjar Pranowo, ledakan pengunjung itu juga bagian dampak dari tertahannya acara peringatan tradisi Yaqowiyu sejak pandemi Covid-19.

Untuk itu Ganjar Pranowo pada pidato sambutannya mengingatkan kepada pengunjung agar tetap melakukan vaksin untuk perlindungan diri.

“Yang belum vaksin ketiga mohon nanti pulang dari acara Yaqowiyu tetap melakukan vaksin ketiga,” pungkas Ganjar Pranowo.

Acara peringatan tradisi Yaqowiyu dimulai bada sholat Jumat yang mana para tamu undangan sholat Jumat di Masjid Agung Jatinom yang disebelahnya terdapat makam Kyai Ageng Gribig. Adapun pengamanan boleh dikata sangat ketat dikerahkan Satgas, Polres serta Brimob. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com