JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Masjid Ciptomulyo, Masjid Kuno Nan Unik di Pengging, Boyolali

Inilah masjid Ciptomulyo di Banyudono Boyolali yang unik karena menghadap ke arah tenggara / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono terdapat bangunan masjid kuno, yaitu Masjid Ciptomulyo. Uniknya, jika bangunan masjid pada umumnya pintu masuk menghadap ke timur, Masjid Ciptomulyo menghadap ke Tenggara.

Di dalam kompleks masjid juga terdapat kompleks makam yang berada di sebelah barat. Diantara tokoh-tokoh yang dimakamkan antara lain R Ng Yasadipura I, II dan III.

Tokoh-tokoh tersebut adalah pujangga Keraton Surakarta.

Berupa bangunan berbentuk persegi panjang memiliki 4 soko guru serta serambi, penampil / kuncungan, masjid ini berdinding tembok dengan atap sirap yang sekarang terbuat dari seng, mustoko berupa tiang petunjuk arah yang terbuat dari besi.
Pada bagian serambi berpagar kayu semi terbuka. Merupakan masjid yang didirikan oleh PB X.

Baca Juga :  Onde-onde Khas Boyolali dengan Isian Daging Ayam Pedas, Nikmatnya Nagih Banget

Pada bagian kuncungan terdapat tulisan Jawa yang menyebutkan tahun pendirian pada tahun 1838 Je (Tahun Jawa) atau 1905 masehi.
Pengamat budaya dan sejarah Boyolali, Kusworo menuturkan, sebelumnya, kawasan masjid ini merupakan tempat pemandian keluarga Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Susuhunan Pakubuwana X.

Keluarga raja sering menghabiskan waktu untuk bersantai. Oleh karena itu, Pakubuwana X merasa perlu membangun tempat peristirahatan sekaligus tempat beribadah seusai siraman (mandi).

Baca Juga :  Enam Benda Cagar Budaya Lepas Dipindahkan ke Museum R Hamong Wardoyo Boyolali, Ini Alasannya

Pada Selasa, 24 Jumadil Akhir 1838 Hijriah atau tepatnya tahun 1905 Masehi, Pakubuwana X mendirikan sebuah masjid yang diberi nama Masjid Ciptomulyo, yang berarti menciptakan kemuliaan di dunia dan akhirat.
Nama masjid ini cukup unik karena menggunakan bahasa Jawa yang berbeda dari kebanyakan masjid yang memakai bahasa Arab.

Selain namanya yang unik, bangunan Masjid Ciptomulyo juga menampilkan desain Jawa kuno yaitu berbentuk limasan dan menyerupai pendapa.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com