JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Mural Karya Mahasiswa KKN UNS Jadi Ikon Gudang Serba Guna di Dusun Dukunan Magelang

Mural hasil karya mahasiswa KKN UNS di Gudang Serba Guna Dukuh Dukunan, Donorejo, Magelang. Foto/Istimewa

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM
Program Kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 288 Universitas Sebelas Maret Tematik di Desa Donorojo berhasil membuat karya seni lukis mural pada salah satu bangunan utama di Dusun Dukunan.

Karya mural tersebut terletak di bagian dinding gudang serba guna Dusun Dukunan menghadap jalan raya.

Tema karya mural yang diciptakan menggambarkan keunggulan dan harapan di Dusun Dukunan.

Mahasiswa KKN UNS berpose di depan mural karya mereka di Gudang Serba Guna Dukuh Dukunan, Donorejo, Magelang. Foto/Istimewa

Tujuan pelaksanaan pengaryaan seni lukis mural di bangunan gudang serba guna Dusun Dukunan guna menciptakan nilai estetika gudang tersebut sebagai salah satu ikon Desa Donorojo.

Mural yang dihasilkan tersebut diresmikan bertepatan dengan peresmian gapura dusun dan peringatkan HUT RI ke-77 di Dusun Dukunan, Desa Donorojo.

Syaifa Muhamad Ilham, mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain selaku penanggungjawab program kerja tersebut menyampaikan mural memiliki beberapa fungsi.

“Selain sebagai penunjang nilai estetika dan media promosi juga memiliki fungsi sebagai visualisasi akan pesan-pesan yang hendak disampaikan untuk masyarakat,” ujarnya Selasa (16/8/2022).

Mural hasil karya mahasiswa KKN UNS di Gudang Serba Guna Dukuh Dukunan, Donorejo, Magelang. Foto/Istimewa

Ia menyebut terdapat beberapa ornamen dalam karya tersebut yang menggambarkan secara luas potensi yang ada di Dusun Dukunan.

Ornamen tersebut antara lain berupa ikan, gapura, persawahan, dan motto Dusun Dukunan.

Ornamen ikan melambangkan bahwa Dusun Dukunan memiliki potensi budidaya perikanan, ornamen gapura menunjukkan gerbang masuk Dusun Dukunan, ornamen persawahan menunjukan potensi Dusun Dukunan dalam sumber daya alam.

Mural hasil karya mahasiswa KKN UNS di Gudang Serba Guna Dukuh Dukunan, Donorejo, Magelang. Foto/Istimewa

Sedangkan ornamen motto Dusun Dukunan menunjukan harapan kedepannya perihal dusun tersebut.

“Dalam pembuatan mural tersebut terdapat motto Dusun Dukunan yaitu Kerta Raharja yang memiliki makna bahwa diharapkannya dusun tersebut memiliki tatanan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin secara seimbang, serasi, adil, dan merata dengan potensi yang ada”, imbuhnya. (***)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com