JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Nguri-uri Warisan Leluhur, Mahasiswa KKN 40 UNS Ajak Anak-anak di Kelurahan  Kestalan Rawat Situs Ponten Ngebrusan Mangkunegaran

Anak-anak di Kelurahan Kestalan ini sumringah saat mengikuti kegiatan Kimia Fisika sederhana di pelataran situs Ponten Ngebrusan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN kelompok 40 UNS / Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ada sebuah ungkapan, bangsa yang besar adalah yang menghargai warisan leluhurnya. Dalam kehidupan sehari-hari, hal itu dapat diwujudkan dengan aksi melestarikan warisan budaya leluhur.

Di sudut kota Solo ini, terdapat warisan budaya leluhur yang nyaris terlupakan dan tak diketahui banyak orang.

Warisan budaya tersebut adalah bangunan bersejarah Ponten Ngebrusan yang terletak di Kelurahan Kestalan.

Mahasiswa KKN kelompok 40 UNS menerima sumbangan buku dari Rotary, yang kemudian diberikan kepada anak-anak di Kelurahan Kestalan / Foto: Istimewa

Bangunan ini memang sepertinya kalah populer dengan Keraton Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, Benteng Vastenburg, Pasar Gedhe dan lain-lain.

Sebagaimana diketahui, bahwa Kelurahan Kestalan memiliki sebuah bangunan bersejarah, yakni  Ponten Ngebrusan Mangkunegaran, yang kondisinya kurang terawat dan pemanfaatannya masih kurang maksimal.

Baca Juga :  Keren, Alumni SMKN 2 Ponorogo go to Japan

Justru karena itulah, warisan budaya leluhur yang satu ini dipilih oleh Mahasiswa KKN Kelompok 40 UNS untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berlangsung dari Kamis (14/7/2022) hingga Kamis (25/8/2022).

Jika dirunut lebih jauh, sebenarnya Ponten Ngebrusan Mangkunegaran ini memiliki potensi yang masih bisa dimaksimalkan dengan baik. Pasalnya, lokasi tersebut merupakan bangunan bersejarah yang masuk dalam situs cagar budaya.

Terkait hal itu, mahasiswa KKN Kelompok 40 UNS melakukan beberapa program kerja yang berhubungan dengan pelestarian dan pengenalan bangunan bersejarah Ponten Ngebrusan kepada generasi muda.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kembali dan mengenalkan kepada masyarakat sekitar khususnya generasi muda mengenai Ponten Ngebrusan Mangkunegaran ini,” ujar Anandito, salah  satu perwakilan KKN Kelompok 40 UNS.

Baca Juga :  Pemutaran Film Paska FFP di Tambaksari Cilacap, Upaya Menepati Janji Almarhum Insan

Ia mengatakan, kegiatan tersebut selain mendapat dukungan penuh dari Suyono, S.KM selaku Lurah Kestalan, juga disambut antusias oleh generasi muda seperti Karang Taruna Indonesia dan Forum Anak Kestalan.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah kerja bakti di area Ponten Ngebrusan Mangkunegaran. Selain itu, mahasiswa juga melakukan perawatan alat-alat kebersihan dan peletakan kembali tempat sampah di area Ponten Ngebrusan Mangkunegaran.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com