JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sah, UNESCO Tetapkan Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Rektor ISI Diminta Perbanyak Mahasiswa

Penetapan gamelan sebagai warisan budaya tak benda. Foto/Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM- United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan gamelan sebagai warisan budaya tak benda. Secara resmi, sertifikat penetapan tersebut diserahkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kepada Pemkot Solo, Jumat (16/9/2022) malam, dalam konser gamelan dengan tajuk Mahambara Gamelan Nusantara, di Halaman Balaikota Solo.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menyebutkan, gamelan merupakan alat musik tradisional Indonesia yang sudah dikenal luas di dunia.

“Saya berharap di Indonesia gamelan bisa dimainkan dimana saja dari Sabang sampai Merauke. Kita ingin gamelan yang sudah diakui dunia menjadi bagian hidup kita sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dengan ditetapkannya gamelan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, pihaknya akan meningkatkan jumlah guru gamelan di Solo sebagai upaya menjaga dan melestarikan gamelan sebagai warisan budaya tak benda.

“Solo punya banyak sanggar seni karawitan, namun kendalanya guru yang masih minim. Yang perlu diperbanyak gurunya, ini teman-teman mahasiswa ISI kalau bisa turun ke bawah ngajarin adik-adik kita (main gamelan),” paparnya.

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

Gibran berharap setiap kelurahan yang ada di Solo yang memiliki perangkat gamelan disertai dengan keberadaan guru gamelan.

“Makanya saya minta tolong Pak Rektor ISI agar diperbanyak mahasiswa-mahasiswa yang turun ke bawah. Paling tidak di tiap kelurahan satu orang, perlu didorong antusiasme adik-adik bermain gamelan,” terangnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com