JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Fakta Tentang Kafein, Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Ilustrasi kopi. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Kafein memiliki kelebihan bila dikonsumsi secara wajar. Tetapi sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius hingga kematian.

Kafein telah lama dikenal sebagai pencegah rasa kantuk dan dapat meningkatkan konsentrasi.

Menurut United States’ Food and Drug Administration (FDA), kafein dalam bentuk bubuk atau cair dapat memberikan kadar kafein yang beracun.

Satu sendok teh bubuk kafein setara dengan sekitar 28 cangkir kopi. Kadar kafein yang begitu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius hingga kematian. Berikut ini adalah sejumlah fakta tentang kafein:

Baca Juga :  Ini 5 Tips Maksimalkan Pembakaran Lemak Perut

1. Kafein bagi anak-anak dan wanita hamil

Meski penggunaan kafein aman untuk orang dewasa, tapi ini tak baik untuk anak-anak. Remaja perlu diperingatkan tentang asupan kafein yang berlebihan, serta pencampuran kafein dengan alkohol dan obat-obatan lainnya.

Wanita sedang hamil atau mencoba untuk hamilvserta mereka yang sedang menyusui harus konsultasi pada layanan kesehatan terkait membatasi penggunaan kafein kurang dari 200 miligram setiap hari.

Bahkan di kalangan orang dewasa, penggunaan kafein berat bisa sebabkan efek samping tak menyenangkan. Dan kafein bukan pilihan baik untuk orang yang sangat sensitif terhadap efeknya atau yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Baca Juga :  Tak Hanyak Untuk Memasak, Ini Sederet Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

2. Efek minum lebih dari 4 cangkir kopi sehari

Hindari minum lebih dari 4 cangkir kopi berkafein sehari karena itu akan memiliki efek samping seperti sakit kepala, insomnia, gugup, lekas marah, detak jantung cepat, dan tremor otot. Bahkan Anda akan sering buang air kecil atau ketakmampuan untuk mengontrol buang air kecil.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com