JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

2 Pekerja Pabrik Kertas Wonokerto Wonogiri Tewas, Bupati Minta Perusahaan Lakukan Hal ini

Bupati Wonogiri
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Dok. Pemkab Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dalam waktu yang tidak bersamaan 2 pekerja pabrik kertas Wonokerto Wonogiri tewas, Bupati Wonogiri Joko Sutopo meminta perusahaan melakukan hal ini.

Untuk diketahui, sudah ada dua pekerja PT PPI (Prima Paper Indonesia) yang mengalami kecelakaan kerja. Pertama adalah TCP (24) warga asal Desa Jatisobo Kecamatan Jatipuro Karanganyar yang meninggal usai kecelakaan kerja pada 10 April lalu. Dan kedua adalah kecelakaan kerja yang menimpa SU (52), warga asal Matesih Karanganyar pada Senin (3/10) lalu.

“Laporan dari Disnaker (Dinas Tenaga Kerja Wonogiri) kemarin, terjadi kecelakaan kerja di PT PPI. Karyawan terjatuh dari lantai dua. Meninggalnya bukan karena angker atau penyakit tertentu tapi jatuh dari lantai dua,” papar Bupati Wonogiri Joko Sutopo baru baru ini.

Baca Juga :  Geger, Warga Cibodas Tangerang Tewas Gantung Diri di Sambirejo Jatisrono Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menerangkan, langkah yang dilakukan oleh pihaknya lewat Disnaker Wonogiri adalah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Termasuk bersama Satuan Pengawas Ketenagakerjaan (Satwasker) untuk bertemu dengan manajemen PT PPI.

“Itu menjadi sesuatu yang sangat memprihatinkan. Maka kami minta manajemen agar memenuhi standarnya. SOP yang ada harus dipenuhi,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Pria yang akrab disapa Jekek itu juga telah mendapatkan informasi dari Disnaker bahwa Sumingkir (korban kecelakaan kerja di PT PPI) belum diikutsertakan BPJS Ketenagakerjaan. Karena itu menurut dia, perusahaan harus mengganti proteksi program BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan disebutnya menyanggupi hal tersebut.

Jekek menuturkan, kejadian di PT PPI menjadi momentum untuk semua pihak menyampaikan kritik dan otokritik terhadap kebijakan manajemen. Atas kejadian itu, pemerintah meminta agar seluruh karyawan diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan

Baca Juga :  Miris, Bocah 10 Tahun di Wonogiri Dicabuli di Gubug Tengah Sawah. Pelakunya Paman Sendiri

“Pemerintah meminta, bukan memohon. Wajib hukumnya karena ini sudah diatur dalam peraturan. Pihak-pihak yang merekrut oekerja harus memenuhi aspek aturan ketenagakerjaan,” tegas Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Bupati Jekek menambahkan, PT PPI siap untuk itu. Tugas pihaknya saat ini adalah melakukan monitoring dan pebdampingan agar komitmen yang telah disepakati dipertanggungjawabkan oleh perusahaan.

“Kalau dinas teknis ada kendala baru dikoordinasikan. Dari situ kita ambil langkahnya apa. Apa perlu mengundang perusahaan atau seperti apa. Tetapi kita tidak perlu berspekulasi karena baru kemarin kesepakatannya. Kita tunggu saja nanti realisasinya seperti apa,” papar Jekek.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com