JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Cegah Rabies, 400 Anjing dan Kucing di Solo Divaksin Massal. Catat, Ini Perlakuan Setelah Divaksin!

Petugas saat menyuntik vaksin Anti rabies ke anjing dan kucing di Solo. Foto/Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Solo berkomitmen mempertahankan predikat bebas rabies. Untuk itu, sebanyak 400 anjing dan kucing di Solo divaksin rabies, Rabu (26/10/2022).

Kepala Bidang Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Solo Agus Sasmita mengatakan, penyuntikan vaksin rabies telah dimulai sejak tanggal 18 Oktober 2022 lalu di Kelurahan Banyuanyar.

Program penyuntikan vaksin diteruskan di Kelurahan Sumber, Kelurahan Nusukan, Kelurahan Jebres, Kelurahan Pucangsawit dan di Kelurahan Kadipiro.

Baca Juga :  LPPIK UMS Gelar Daurah Tahfidz Mahasantri Pondok Hajjah Nuriyah Shabran

“Target kita yang divaksin kurang lebih sekitar 400 anjing dan kucing target kita. Kita memang belum menemukan kasus rabies di Solo. Namun yang paling penting adalah mencegah penyakit rabies pada hewan peliharaan,” ujarnya.

Agus menambahkan, guna mempertahankan Solo bebas rabies, program vaksinasi rabies dilaksanakan setiap tahun di Solo.

Dia mengingatkan pemilik peliharaan anjing maupun kucing harus memperhatikan kondisi hewan peliharaannya dengan seksama setelah disuntik rabies.

Anjing dan kucing yang sudah divaksin rabies tidak boleh dimandikan selama dua pekan dan terus dipantau kondisi kesehatannya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tekan Angka Stunting, Bacawali Diah Warih Bagi-Bagi Sayuran ke Warga

Sementara itu, salah satu warga Kadipiro yang mengantarkan kucingnya untuk mendapatkan vaksin rabies, Wiji Lestari mengaku senang ada program vaksinasi rabies secara gratis dari pemerintah.

“Senang banget ada vaksin rabies gratis. Dengan adanya vaksin rabies gratis membantu banget. Harapannya ke depan bisa diadakan terus. Karena kadang kalau mau ke dokter hewan itu pada mikir diantaranya biaya yang harus dikeluarkan,” ujarnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com