JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Deklarasi Damai Pilkades Serentak, Bupati Sragen: Yang Menang Jangan Adigang Adigung, Kalau Tak Siap Kalah Jangan Ikut!

Para kandidat Pilkades saat berkumpul bersama untuk mendeklarasikan Pilkades Damai bersama Bupati dan jajaran Forkompida di Gilirejo Baru, Miri, Senin (3/10/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 19 desa di Sragen bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pertama tahun 2022. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati pun berpesan para calon dan masyarakat saling menjaga kondusivitas sehingga pesta demokrasi desa itu bisa berlangsung kondusif, aman dan lancar.

Hal itu disampaikan Bupati saat memimpin penandatanganan deklarasi damai oleh Calon Kepala Desa di 19 Pilkades serentak yang digelar di Balai Desa Gilirejo Baru, Miri, Senin (3/10/2022).

Deklarasi dihadiri Bupati, Kapolres AKBP Piter Yanottama, jajaran Forkopimda dan para kandidat yang akan berlaga di Pilkades.

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2021 diikuti 48 calon kepala desa dari 19 Desa dan 15 Kecamatan se-Kabupaten Sragen.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan deklarasi damai digelar untuk meneguhkan komitmen semua calon kades dan pendukungnya dapat menjaga kondusivitas wilayah.

“Akhir bulan ini akan diadakan pemilihan kades serentak gelombang pertama. Kita harap pelaksanaan ini dapat berjalan lancar dan kondusif. Saya minta para calon agar dapat menjaga kondusifitas wilayahnya dengan aman, tertib, damai, dan tanggung jawab,” paparnya.

Ia menekankan kades yang menang juga tidak boleh jemawa atau dalam pepatah Jawa adigang adigung adiguna.

Calon kepala desa diharapkan selalu siap dan legowo menerima apapun hasilnya dikemudian hari. Ia juga mengingatkan agar setelah dilantik, Kades menjadi jemawa hingga tidak mau merangkul yang bukan pemilihnya.

“Pada seluruh calon kepala desa, saya harap dapat selalu siap dan legowo dengan hasilnya nanti. Persiapkan diri sebaik mungkin menerima keputusan. Kuncinya kita tetap menjaga kerukunan. Kalau tidak siap kalah, jangan ikut Pilkades,” tegasnya.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Selain itu, orang nomor satu di Sragen ini juga berpesan, Agar nantinya calon kepala desa terpilih dapat membuat program kerja yang terbaik dimasyarakat.

“Buatlah program yang mengena, sehingga visi dan misi yang diusung dapat terealisasi dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat,” pesannya.

Bupati mengimbau bagi calon kades dan pendukungnya untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu yang sengaja diciptakan oleh segelintir oknum tak bertanggung jawab dengan tujuan adu domba.

“Jangan sampai ada ketegangan antar pendukung baik sebelum pemilihan maupun sesudah pemilihan. Tujuan deklarasi ini adalah mencegah timbulnya permasalahan dikemudian hari,” tegas Bupati. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com