JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Atasi Masalah Obesitas? Bisa Dicoba Teknik Akupunktur

Ilustrasi pengobatan dengan sistem akupunktur / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mengatasi masalah obesitas atau kegemukan, ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan metode akupunktur.

Tak hanya itu, namun yang lebih penting bahwa akupuntur juga dapat mengurangi risiko kesehatan yang mungkin muncul akibat obesitas, seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, dan darah tinggi.

Demikian diungkapkan oleh Spesialis akupunktur medis dr. Kemas Abdurrohim.

“Jadi selama pasien itu diakupunktur, selama itu juga biasanya akan terhindar dari risiko atau dampak akibat obesitas, misalnya stroke, diabetes, dan lain-lain,” kata staf di Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Akupunktur Medis, dan Kedokteran Okupasi RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Baca Juga :  Redakan Kesemutan Dengan Cara Alami Ini

Terkait obesitas, ia mengatakan akupunktur bisa membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang sehingga diet yang dijalani tetap membuat nyaman pasien. Kemas menekankan kunci pasien untuk menurunkan berat badan yaitu menetapkan perencanaan terlebih dulu. Ia menyarankan paling tidak target penurunan berat badan minimal 5-10 persen dalam tiga bulan.

Walau akupunktur membantu mengatasi obesitas, pasien hendaknya tidak melupakan untuk tetap mempersiapkan pula pola makan sehat dan jenis latihan fisik yang harus konsisten sebagai bagian dari kebiasaan seumur hidup.

Baca Juga :  Catat, Ini Sederet Risiko Jika Sering Mengonsumsi Makanan Instan

“Untuk menurunkan berat badan butuh berapa lama kita melakukan akupuntur, itu bergantung target. Sebetulnya yang paling penting mengubah perilaku kita. Perilaku itu harus kita ubah dan dijalankan secara konsisten seumur hidup, tentunya kalau ingin langsing,” ujarnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com