JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Posisi Minum Obat Berdampak ke Waktu Penyerapan oleh Pencernaan, Ini Penjelasannya

Ilustrasi minum obat. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Postur dan posisi tubuh saat minum obat berpengaruh besar pada seberapa cepat obat tersebut diserap. Hal ini tengah menjadi objek penelitian di Universitas John Hopkins.

Salah satu penulis senior, Rajat Mittal, PhD menjelaskan, apabila ketika minum obat posisi tubuh berdiri tegak atau berbaring dan condong ke kanan, maka pil akan mendarat sangat dekat dengan daerah ujung perut.

Baca Juga :  Catat!, Ini Manfaat dan Syarat Donor Darah

Berbeda dengan posisi berbaring dan condong ke kiri, itu termasuk posisi terburuk yang mungkin terjadi dalam hal melarutkan pil dengan cepat.

Melansir dari cnet, penelitian menunjukkan minum pil dengan posisi miring ke kanan merupakan posisi terbaik karena memungkinkan obat mengalir ke bagian terdalam dari perut. Kemudian, obat-obatan itu larut dua kali lebih cepat daripada ketika diminum dengan duduk tegak.

Baca Juga :  Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Mulai Kurangi Tekanan Darah hingga Cegah Kanker

Cara Kerja Obat
Menelan pil secara oral, artinya obat harus masuk ke perut, lalu perut harus mengeluarkan isi obat ke dalam usus. Selama proses, obat larut dan diserap oleh tubuh. Tetapi sampai bagian terakhir terjadi, pil tidak dapat bekerja – dan jalur pil menuju langkah ini cukup rumit, sebab perut secara alami asimetris.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com