JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Genjot Capaian Vaksinasi dan Imunisasi, Pemprov Jateng Gandeng Wings Group Kampanye Hidup Sehat Lewat Cuci Tangan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng, Yunita Dyah Suminar saat mengajak anak-anak untuk membiasakan pola hidup sehat ketika hadir di Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional dan kampanye hidup bersih sehat di Gedung SMS Sragen, Rabu (30/11/2022). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah bersama WINGS Group Indonesia melalui SoKlin Antisep dan UNICEF Indonesia, menggelar kampanye Indonesia Sehat Berseri.

Kegiatan digelar di Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen, Rabu (30/11/2022) dalam rangka puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-58 tingkat Jawa Tengah.

Terdapat fasilitas imunisasi bagi anak, balita dan usia sekolah yang didukung dengan penggunaan mobile vaccination truck dari SoKlin Antisep.

Juga vaksinasi COVID-19 untuk anak dan usia dewasa, penyuluhan PHBS, dan pendistribusian paket perlindungan anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng, Yunita Dyah Suminar di sela acara menjelaskan pentingnya cakupan imunisasi dasar lengkap bagi anak.

“Ada imunisasi dasar lengkap dan ada campak rubella. Standarnya kalau untuk vaksin MR adalah 95% dan Jawa Tengah sudah mencapai 98%. Kemudian untuk OPV – IPV dan DPT yang standarnya 80%, di Jawa Tengah sudah lebih dari 98%,” ujar Yunita kepada wartawan.

Selain di Sragen, Kampanye SoKlin Antisep Indonesia Sehat Berseri juga telah dilaksanakan di Kota Surakarta, Semarang dan Tegal.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Di Surakarta, kegiatan dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Nasional) pada tanggal 21 – 23 November 2022.

Yunita menjelaskan, pandemi COVID-19 lalu mengakibatkan turunnya angka cakupan imunisasi pada anak di Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan bersama UNICEF Indonesia, setengah dari orang tua dan pengasuh yang disurvei enggan membawa anaknya ke fasilitas kesehatan karena takut tertular COVID-19.

Yunita menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan upaya preventif agar anak-anak terhindar dari berbagai macam penyakit.

“Pencegahan itu bersifat murah dan bisa dilakukan masyarakat. Bukan datang ke fasilitas kesehatan tiba-tiba karena sudah sakit. Sebisa mungkin adalah pencegahan. COVID-19 juga masih ada, hati-hati terhadap varian XBB,” tambahnya.

Khusus soal Sragen, Yunita menyebut capaian vaksinasi dan imunisasi sudah sangat bagus. Bahkan ia menilai pencapaian Sragen melebihi angka di Jawa Tengah dan itu menjadi salah satu pertimbangan puncak HKN ditempatkan di Sragen.

Selain imunisasi dasar, perilaku hidup bersih sehat yang benar untuk menjaga anak-anak dan keluarga tetap sehat terhindar dari ancaman penyakit.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

Apalagi belakangan ini kasus COVID-19 kembali meningkat dan membuat para orang tua khawatir akan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

โ€œSoKlin Antisep sejak pertama kali diluncurkan di masa pandemi, tidak henti-hentinya mengedukasi para orang tua untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti cuci tangan dengan sabun, rajin mandi dan segera mengganti dan mencuci pakaian setelah beraktivitas di luar rumah, tidak lupa untuk makan makanan bergizi,” terang Anna Elrika, Product Manager Fabric Care PT Wings Surya.

Sesuai dengan visi Wings Group Indonesia, bahwa The Best Things in Life Should be Accessible for All, SoKlin Antisep hadir sebagai produk yang peduli terhadap perlindungan kesehatan secara menyeluruh agar keluarga Indonesia tetap terlindungi di tengah serangan berbagai penyakit seperti saat ini.

“Setelah beraktivitas di luar rumah jangan lupa untuk langsung mencuci baju sekeluarga,” imbuhnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com