JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini 3 Kriteria Capres Cawapres yang Bakal Diusung KIB Menurut Airlangga

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto / Istimewa
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memberikan bocoran mengenai kriteria pasangan Capres-Cawapres yang bakal diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menurut Airlangga, sebagian dari kriteria tersebut adalah yang bersangkutan mesti memiliki jam kerja tinggi, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik.

โ€œDi sini banyak kader yang sudah berpengalaman. Jam terbangnya tinggi, yang paling penting selain punya NIK, punya KTA. Karena ini KIB adalah koalisi yang anggotanya partai politik. Jadi kalau parpol perlu NIK dan KTA. Ini menjadi kunci,โ€ kata Airlangga dalam keterangannya, Minggu (6/11/2022).

Hal itu disampaikan Airlangga dalam forum silaturahmi nasional KIB yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/11/2022).

Selain Airlangga, turut hadir Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

Sebagaimana diketahui, KIB beranggotakan tiga partai politik, yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Airlangga memastikan bahwa Capres dan Cawapres KIB tidak akan dideklarasikan di bulan ini. Alasannya, kata dia, bulan November bertepatan dengan bulan Rabiul Akhir menurut kalender Islam.

Baca Juga :  Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Sinyal Hak Angket Bakal Layu Sebelum Berkembang

“Jadi kalau Rabiul Akhir harus berhati-hati. Maka kita mesti cari bulan yang betul-betul alam semestanya mendukung kita dan baik. Dari situlah akan kita luncurkan siapa Capres dan Cawapres dari KIB,โ€ kata dia.

Selain bertepatan dengan Rabiul Akhir, Airlangga menyebut pelaksanaan G20 juga digelar pada November. Dia mengatakan KIB tidak ingin mengganggu perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama G20 digelar di Bali.

Menurut Airlangga, suksesnya gelaran G20 bakal menjadi legacy yang baik bagi Indonesia di mata dunia. Ia turut menegaskan bahwa KIB siap melanjutkan legacy yang baik dari Jokowi.

โ€œDisini saya nyatakan yang paling siap untuk melanjutkan legacy itu adalah tiga partai politik. Golkar PAN, dan PPP,โ€ ujarnya.

Sebelum mendeklarasikan capres dan cawapres, Airlangga menyebut koalisinya bakal makin gemuk dengan tambahan satu hingga dua personel baru. Menurut dia, gelaran Pemilihan Presiden masih panjang sehingga tidak perlu buru-buru.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

โ€œKIB masih menunggu satu dua partai lain. Jadi kalau satu dua partai lain bergabung, baru kita announce siapa yang akan didukung KIB. Namanya KIB plus-plus,โ€ kata dia.

KIB masih terbuka

Airlangga menjelaskan, KIB sudah punya tiket premium untuk mengusung Capres dan Cawapres sendiri. Pasalnya, gabungan partai di KIB sudah memenuhi presidential threshold sebesar 20 persen

Kendati demikian, Airlangga menyebut KIB menjunjung tinggi inklusifitas, sehingga koalisi ini terbuka bagi partai mana pun.

Senada dengan Airlangga, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas, menyebut KIB masih menunggu partai politik lain untuk bergabung.

โ€œKita masih menunggu ada beberapa partai yang akan gabung. Jadinya, kita akan umumkan, jadinya KIB plus-plus,โ€ kata Zulhas.

Zulhas hakulyakin pasangan capres dan cawapres yang dijagokan KIB bakal menang pada 2024. Namun, dia menyebut KIB mesti mengerahkan seluruh tenaga kala dan bekerja dengan cara cerdas.

“Siapa kah jagoan yang kita perjuangkan? Itu akan ditulis di buku KIB di BAB berikutnya,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com